Waspadai Bahaya Makanan Beku bagi Kesehatan Tubuh

Pada jaman yang sudah serba modern ini, mayoritas masyarakatnya selalu mementingkan kesibukan masing-masing untuk terus mencari uang dibandingkan menjaga kesehatannya. Biasanya orang yang terlalu sibuk cenderung akan lupa untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsinya. Atas alasan kepraktisan karena tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak makanan sehat, mereka cenderung memilih untuk mengkonsumsi makanan beku. Selain tidak memerlukan banyak waktu untuk menyiapkannya, makanan beku cukup mudah didapat. Namun, apakah orang-orang tersebut sudah mengetahui bahayanya bagi kesehatan tubuh?

Bahaya makanan beku

Ketika mengkonsumsi makanan beku sama halnya seperti meningkatkan makanan instant yang sering dikonsumsi karena sebagian besar makanan beku mempunyai kandungan sodium dan lemak tinggi. selain itu di dalamnya juga terdapat kandungan serat sayuran dan buah-buahan dalam jumlah sedikit karena bahan-bahan yang digunakan sudah jauh berbeda dengan makanan yang diolah langsung.

Kebanyakan makanan beku menggunakan minyak dengan kandungan lemak jenuh, kandungan natrium yang melebihi batas maksimum harian yaitu sekitar 700 – 180 mg sehingga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker, stroke dan gangguan kesehatan lainnya.

Meskipun ada beberapa jenis makanan beku yang cukup baik seperti sayuran dan buah-buahan, walaupun gizinya berkurang saat dibukukan namun makanan ini masih bisa dalam keadaan fresh ketika beku kemudian dicairkan. Jika harus memilih makanan beku lainnya selain sayuran dan buah-buahan, sebaiknya pilihlah yang mengandung nutrisi maksimal 800 mg dan sebaiknya hindari makanan beku yang mempunyai kandungan krim dan keju. (Baca juga: Bahaya Teh bagi Kesehatan Tubuh Anak)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D