Perbandingan Antara Diet Rendah Lemak dan Diet Rendah Karbohidrat

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan bentuk tubuh yang langsing serta proporsional, seringkali seorang selalu berusaha untuk mewujudkannya. Selain dengan berolahraga, melakukan diet sehat juga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Pada umumnya seseorang yang melakukan program diet akan berpikir untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak, padahal lemak juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menciptakan energi.
 
Jika dibandingkan dengan diet lemak, diet karbohidrat lebih sehat dalam beberapa poin yang akan dijelaskan pada informasi di bawah ini :

Perbandingan diet lemak dan diet karbo1.    Membatasi Jumlah Kalori yang Dikonsumsi

Diet rendah lemak terbukti dapat mengurangi jumlah kalori dari makanan yang sudah dikonsumsi sehingga berat badan bisa turun secara otomatis. Keunikan dalam melakukan diet ini adalah dapat membuat orang yang melakukannya bebas untuk mengkonsumsi makanan apa saja namun harus tetap memperhatikan apa yang di makan. Sedangkan diet rendah lemak adalah diet yang mengharuskan seseorang untuk menghitung jumlah makanan yang akan dikonsumsi.

2.    Dapat Menurunkan Berat Badan

Diet rendah karbohidrat terbukti dapat menurunkan berat badan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan diet rendah lemak. Selain itu, melakukan diet ini juga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit mematikan seperti diabetes, jantung dan stroke.

3.    Mengontrol Trigliserida

Semakin tinggi kadar trigeliserida di dalam darah, maka semakin tinggi pula resiko terkena penyakit jantung dn stroke. Untuk mengurangi trigeliserida di dalam darah, dapat dilakukan dengan mengurangi asupan makanan berkarbohidrat.

4.    Meningkatkan Kolesterol Baik

Tidak semua kolesterol bersifat buruk karena ada kolesterol baik atau HDL yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, untuk meningkatnya dapat dilakukan  dengan menerapkan diet sehat rendah karbohidrat.

5.    Meningkatkan Kontrol Glikemik

Diet karbo juga cocok diterapkan untuk penderita diabetes karena dengan mengurangi asupan karbohidrat yang berlebihan, maka kadar gula di dalam darah dapat menurun.

Itulah beberapa alasan yang membuat diet rendah karbo lebih baik dibandikan dengan diet rendah lemak. Namun, hal tersebut kembali lagi pada pribadi dan kondisi tubuh masing-masing individu apakah bisa untuk menjalankan diet tersebut. (Baca juga: Mitos-mitos Diet yang Salah di Kalangan Masyarakat)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D