Mitos-mitos Diet yang Salah di Kalangan Masyarakat

Ketika sedang menjalani program diet, tentunya ada berbagai mitos yang berkaitan dengan diet yang dilakukan. Biasanya bagi orang yang ingin sekali menurunkan berat badannya, tentu akan langsung percaya dengan mitos-mitos tersebut apalagi informasi yang didapatkan dari orang-orang terdekat. Namun, tidak semua mitos-mitos tersebut terbukti benar, agar usaha diet yang dilakukan tidak sia-sia, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu mengenai mitos-mitos diet yang salah.

1.    Air Es Bikin Gemuk

Mitos-mitos diet yang salah di kalangan masyarakat
Image Source: pixabay.com
Mitos yang satu ini sudah beredar dan dipercaya oleh masyarakat luas. Namun, mitos ini salah karena sebenarnya air es dapat membantu membakar sejumlah kalori. Ketika minum air es tubuh akan menghangatkan air tersebut sebelum dicerna oleh tubuh. Untuk menghangatkan air tersebut tentu memerlukan adanya sejumlah kalori yang di bakar.

2.    Jangan Konsumsi Makanan Manis

Sebenarnya mitos ini tidak sepenuhnya salah, karena memang benar mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan gemuk ketika dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi makanan manis tetap diperbolehkan namun dalam jumlah porsi yang harus dibatasi.

3.    Dilarang Makan Malam

Makan malam menjadi hal yang paling dihindari oleh mereka yang sedang melakukan program diet karena dianggap dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Sebenarnya makan malam tidak dilarang, asalkan dapat mengatur jumlah kalori yaitu tidak lebih dari 200 kalori.

4.    Karbohidrat Bikin Gemuk

Makanan berkarbohidrat juga dihindari oleh orang yang sedang menjalankan program diet. Padahal karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang penting karena dapat memberikan energi bagi tubuh. Karbohidrat tidak akan membuat tubuh gemuk jika tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

5.    Dilarang Ngemil

Sebenarnya orang yang sedang melakukan program diet diperbolehkan untuk mengkonsumsi camilan asalkan memilih camilan yang tidak mengandung banyak kalori seperti sayur, buah, cokelat hitam, yogurt, atau keripik buah.

6.    Gemuk Itu Keturunan

Banyak yang bilang bahwa kegemukan terjadi karena faktor keturunan. Kegemukan bukan disebabkan oleh faktor keturunan melainkan terjadi karena pola makan.

7.    Harus Olahraga yang Lama

Mitos diet selanjutnya adalah harus berolahraga yang lama agar mempunyai tubuh langsing. Mitos ini tentu saja salah, meskipun telah berolahraga lama hingga kelelahan tetapi tidak dilakukan secara rutin dan tidak mengatur pola makan, berat badan tidak akan menurun.

Sekarang sudah terkuak informasi yang benar mengenai mitos yang berdiet. Jika tidak ingin diet menjadi sia-sia atau bahkan akan membuat tubuh menjadi sakit sebaiknya gantilah pola pikir untuk tidak langsung mempercayai mitos-mitos yang beredar di masyarakat. (Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Diet)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D