Penyebab dan Gejala Terjadinya Kelahiran Prematur

Pada umumnya kelahiran normal akan terjadi saat usia kehamilan sudah memasuki usia sekitar 40 minggu. Sedangkan, kelahiran prematur terjadi saat bayi lahir sebelum memasuki usia minggu ke-37. Biasanya, ibu hamil yang akan mengalami kelahiran prematur akan mengalami gejala seperti diare, sakit punggung di bagian bawah, mengalami kontraksi lebih dari 8 kali selama 1 jam yang disertai dengan keluarnya cairan dari dalam vagina.

Penyebab kelahiran prematur

Walaupun tidak berbahaya dan tidak dapat menyebabkan komplikasi, namun bayi prematur memiliki resiko untuk mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan seperti berat badan yang rendah dan paru-paru yang kurang berkembang sehingga akan membuatnya menjadi sulit untuk bernapas. Cara utama untuk menghindari resiko bayi lahir prematur adalah dengan memperhatikan penyebabnya.

1.    Riwayat Kehamilan

Faktor utama yang dapat menyebabkan kelahiran prematur adalah riwayat kehamilan sang ibu seperti pernah melakukan aborsi, pernah mengalami keguguran dan pernah melahirkan bayi prematur sebelumnya.

2.    Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Ibu hamil diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan nutrisi. Jika ibu hamil kekurangan asupan nutrisi, maka akan menjadi salah satu penyebab bayi lahir prematur. Selain itu, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi alkohol, minuman bersoda, obat-obatan terlarang dan merokok juga dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

3.    Kondisi Ibu dan Janin yang Tidak Sehat

Kondisi ibu dan janin yang tidak sehat juga dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Beberapa penyakit yang dialami oleh ibu hamil seperti hipertensi, anemia, diabetes selama masa kehamilan akan mempengaruhi kesehatan janin sehingga akan membuat bayi lahir prematur.

4.    Adanya Infeksi

Kelahiran bayi prematur juga dapat disebabkan oleh adanya infeksi seperti infeksi pada saluran rahim, infeksi saluran vagina, infeksi jamur di vagina, infeksi saluran kemih dan lain sebagainya.

5.    Bayi Kembar Lebih Dari Dua

Seorang ibu yang mengandung bayi kembar lebih dari dua atau lebih mempunyai potensi lebih besar untuk melahirkan bayinya secara prematur. Hal ini disebabkan karena rahim akan merenggang lebih besar sehingga rahim tidak mempunyai banyak volume untuk menampung bayi-bayi tersebut.
 
Jika mengalami salah satu gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan solusi yang tepat agar terhindar dari resiko kelahiran prematur.(Baca juga: Cara Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D