Cara Mengatasi Kerontokkan Rambut Saat Hamil

Ketika hamil ada banyak kendala yang akan dialami oleh wanita karena terjadinya perkembangan fisik dan hormon. Salah satu kendala yang di rasakan oleh ibu hamil adalah kerontokkan rambut. Namun kerontokkan rambut yang dialami pastinya berbeda dengan ibu hamil lainnya karena ada yang mengalami kerontonkan dalam batas normal yaitu sekitar 100 helai dalam sehari dan ada pula yang mengalami kerontokkan lebih dari 100 helai per harinya.
Kerontokkan rambut tersebut disebabkan oleh adanya perubahan hormon pada ibu hamil. Perubahan hormon yang tidak seimbang tersebut dapat menyebabkan kendala yang sering dialami oleh ibu hamil salah satunya adalah kerontokkan rambut. Jika bayi sudah lahir, maka siklus hormon ini akan berhenti dengan sendiri.
Cara mengatasi keronttokan rambut saat hamil
Image Source: pixabay.com
Namun, ada beberapa wanita yang tetap mengalami kerontokkan rambut setelah persalinan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh rasa stres yang dialami setelah melahirkan akibat kurang tidur. Adapun cara mengatasi kerontokkan rambut saat hamil dan setelah melahirkan adalah sebagai berikut :

1.    Mengkonsumsi Nutrisi yang Tepat

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh dan janin, dengan cara mengkonsumsi buah segar, sayuran, ikan laut, ayam dan daging.

2.    Menggunakan Tonik

Cara yang dapat dilakukan untuk memperkuat akar rambut dengan menggunakan tonik alami seperti mengoleskan minyak kemiri pada rambut.

3.    Mengkonsumsi Vitamin

Jika masalah kerontokkan rambut dibiarkan begitu saja, maka kondisinya akan menjadi lebih parah. Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan vitamin khusus untuk ibu hamil.

Masalah kerontokkan yang dialami ibu hamil merupakan hal alami yang tidak dapat dicegah dan dihindari. Akan tetapi hal itu dapat diminamalisir dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. (Baca juga: Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Setiap Trimester Kehamilan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D