Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil Setiap Trimester Kehamilan

Ibu hamil selalu membutuhkan nutrisi dalam setiap trimester kehamilannya untuk perawatan ibu dan janinnya. Perkembangan janin akan berbeda dalam setiap minggunya sehingga ibu hamil harus mengkonsumsi nutrisi yang berbeda setiap trimesternya karena diperlukan untuk menjaga kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan janin.

1.    Kebutuhan Nutrisi Trimester Pertama

Kebutuhan nutrisi ibu hamil setiap trimester kehamilan
Image Source: pixabay.com
Pada trimester ini, ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalori karena perkembangan organ janin berlangsung begitu cepat sehingga ibu membutuhkan asupan karbohidrat sebanyak 2000 Kkal setiap harinya yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi nasi, gandum atau roti.

Pada minggu ke -7 janin akan mengalami pembentukan tulang rangka sehingga ibu hamil juga harus memenuhi kebutuhan kalsium. Sedangkan, untuk asupan vitamin A ibu hamil pada trimester pertama membutuhkan asupan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin E dengan cukup.

2.    Kebutuhan Nutrisi Trimester Kedua

Ketika pada trimester kedua, janin memerlukan lebih banyak lagi kalori serta juga harus mencukupi kebutuhan zat besi dan vitamin C untuk mengoptimalkan pembentukan sel-sel darah merah agar sistem peredaran dan jantung janin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, pada masa ini ibu hamil juga harus mencukupi kebutuhan asam lemak dan omega 3 untuk mendukung perkembangan otaknya.

3.    Kebutuhan Nutrisi pada Trimester ketiga

Pada tahapan ini, ibu hamil pasti sedang mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran bayi. Agar mempunyai energi yang cukup untuk proses persalinan diharuskan untuk mencukupi kebutuhan kalori. Adapun asupan vitamin yang harus dipenuhi pada trimester terakhir ini adalah vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B6 untuk mengatur sistem energi, mengatur sistem pernapasan, dan membantu proses pembentukan senyawa pada sel syaraf. Selain itu, perlu juga untuk memenuhi kebutuhan yodium untuk mencegah terjadinya hambatan ketika melahirkan.

Selain memenuhi nutrisi pada setiap trimester kehamilan, menjalankan pola hidup sehat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu dan janinnya. (Baca juga: Tanda-tanda Menjelang Persalinan Normal)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D