Bahaya Tidur Terlalu Lama / Tidur Berlebihan

Gangguan tidur atau insomnia memang sudah terbukti bahwa mempunyai dampak buruk bagi kesehatan tubuh karena tidur tidak hanya menjadi fase alami setiap orang melainkan juga menjadi kebutuhan untuk proses regenerasi energi dan seluruh fungsi tubuh. Meskipun demikian, bukan berarti seseorang dapat tidur sepuasnya. Pasalnya tidur berlebihan juga mempunyai dampak negatif bagi kesehatan tubuh.
 
Bahaya tidur terlalu lama
Para ahli menganjurkan bahwa orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7 sampai 8 jam setiap harinya. Namun, jika waktu tidur lebih dari 8 jam setiap hari maka akan berdampak buruk bagi kesehatan.

1.    Penyakit Diabetes

Hasil penelitian telah mengungkapkan bahwa tidur yang berlebihan atau tidur dari 8 jam di malam hari ternyata dapat meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

2.    Sakit Kepala dan Gangguan pada Punggung

Salah satu efek yang paling sering terjadi ketika tidur berlebihan adalah sakit kepala dan gangguan pada punggung. Jika hal ini dibiarkan terjadi secara terus-menerus maka akan menyebabkan neurotransmitter pada otak dan penuaan pada otak.

3.    Penyakit Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga termasuk salah satu efek buruk yang ditimbulkan akibat tidur terlalu lama. Hal itu disebabkan oleh tubuh yang menimbun lemak dua kali lebih banyak karena tubuh kurang aktif bergerak untuk membakar lemak.

4.    Jantung Koroner

Kebiasaan tidur yang terlalu lama dalam setiap hari, beresiko terkena penyakit jantung khususnya penyakit jantung koroner.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya cukupilah kebutuhan tidur yaitu sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam untuk orang dewasa. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok / Mendengkur)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D