Cara Menghilangkan Kebiasaan Ngorok / Mendengkur Saat Tidur

Mendengkur merupakan kebiasaan saat tidur yang banyak tidak disadari oleh si pendengkur itu sendiri. Mendengkur juga menjadi suatu masalah yang cukup membuat risik dan mengganggu kenyamanan saat tidur. Kebanyakan orang selain terganggu akan mengalami sebuah frustrasi atau stress akibat mendengkur sehingga dapat pula mengakibatkan insomnia atau sulit tidur. Apalagi bagi yang sudah memiliki pasangan atau sudah menikah, mendengkur merupakan suatu ancaman yang dapat mengganggu hubungan mereka. Wah, cukup memberikan masalah yang cukup besar bukan?

Mendengkur berasal atau disebabkan oleh saluran kecil keluarnya udara yang menghasilkan suara dengkuran berasa diantara lidah dan langit –langit mulut. Bunyi dengkuran tersebut terjadi karena jaringan di sekitar saluran kecil tersebut bergetar sehingga menimbulkan suara atau bunyi mendengkur. Selain itu, mendengkur juga dapat disebabkan oleh beberapa macam hal, seperti posisi tidur yang salah, capek, mengkonsumsi alkohol, dan bahkan penyakit lainnya seperti jantung. 

Cara menghilangkan kebiasaan ngorok / mendengkur saat tidur
Image Source: pixabay.com
Bunyi dengkuran juga bermacam – macam, ada yang tinggi ada pula yang rendah. Biasanya yang paling  mengganggu adalah dengkuran dengan frekuensi bunyi tinggi, sehingga membuat seseorang yang berada disamping si pendengkur pasti akan merasa risih, terganggu, dan bahkan frustrasi hingga menyebabkan insomnia.

Nah, lalu bagaimana cara mengatasi kebiasaan mendengkur tersebut? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebiasaan mendengkur, seperti beberapa tips berikut ini!

  • Perhatikan Posisi Tidur

Posisi saat tidur yang tidak benar atau kurang baik juga dapat mengakibatkan terjadi dengkuran. Misalnya tidur dengan posisi terlentang atau tengkurap juga dapat menyebabkan terjadinya dengkuran. Begitu juga dengan posisi kepala yang sejajar dengan badan atau terlalu rendah juga dapat menyebabkan mendengkur. 

Nah, sebaiknya ubahlah posisi tidur yang kurang benar tadi dengan posisi tidur miring. Sebab, posisi inilah yang banyak dianjurkan oleh para ahli dan terbukti dapat menghentikan bunyi dengkuran saat itu juga. Selain itu, gunakan bantal saat tidur atau tinggikan bantal dengan menumpuk bantal lagi, intinya memberikan rasa nyaman saat tidur.

  • Hindari Minum Alkohol dan Obat – Obatan ‘

Untuk menyingkirkan mendengkur saat tidur, hindari pengonsumsian minuman beralkohol dan obat tidur atau penenang sebelum tidur. Sebab, minuman dan obat tersebut dapat membuat otot dan saraf dalam tubuh menjadi rileks sehingga menimbulkan bunyi dengkuran. Untuk mengkonsumsi obat tidur atau obat untuk insomnia sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Supaya mendapatkan pengarah atau petunjuk penggunaan obat tersebut yang baik dan benar.

  • Hindari Kebiasaan Merokok

Begitu banyak bahaya dan gangguan bagi tubuh yang didapat apabila merokok, salah satunya dapat memicu mendengkur atau memperparah dengkuran. Hal ini dikarenakan rokok dapat menyebabkan sesak nafas dan mengalami penyumbatan pembuluh darah. Oleh sebab itu, merokok dapat memicu dengkuran bahkan dapat memperparah dengkuran tersebut.


Demikian tadi, beberapa tips mengatasi dengkuran dengan cara alami. Jadi, dengkuran dapat diatasi dengan kebiasaan dan tidur yang baik. Sehingga mulai dari sekarang, supaya terhindar dari dengkuran makan ubahlah kebiasaan buruk tersebut. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Makanan yang Menyebabkan Tidur Nyenyak )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D