Bahaya Kedelai bagi Kesehatan Tubuh

Kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang digolongkan dalam jenis kacang-kacangan yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang enak seperti tahu, tempe, oncom dan susu kedelai. Selain dapat diolah menjadi berbagai makanan yang enak, kedelai juga mempunyai kandungan protein tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Bahaya kedelai
Namun, ada fakta lain yang mengejutkan dari kedelai, hasil penelitian terbaru mengungkapkan bahwa makanan ini juga dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan karena kandungan racun di dalamnya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai bahaya kedelai bagi kesehatan tubuh.

1.    Masalah Pencernaan

Salah satu bahaya yang dapat disebabkan oleh kandungan racun di dalam kedelai adalah masalah pencernaan seperti diare dan dapat menghambat pencernaan protein. Anggapan tersebut sudah diperjelas oleh sejumlah pakar yang menemukan jika kedelai mempunyai kandungan trypsin yang merupakan zat berbahaya bagi tubuh khususnya untuk sistem pencernaan.

2.    Infertilitas pada Wanita

Bahaya selanjutnya adalah dapat menyebabkan infertilitas atau masalah kesuburan pada wanita karena di dalam kedelai terdapat kandungan zat phytoestrogen yang membuat hormon wanita menjadi tidak seimbang.

3.    Penggumpalan Sel Darah Merah

Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan zat berbahaya di dalam kedelai ternyata dapat menyebabkan pengumpalan sel darah merah karena kandungan hemagglutinin yang merupakan sekumpulan zat yang memicu pengumpalan sel darah merah.

4.    Merusak Kelenjar Tiroid

Tubuh manusia memerlukan asupan protein, vitamin dan nutrisi lainnya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut, biasanya kebanyakan orang mencukupinya dengan mengkonsumsi kedelai secara berlebihan padahal jika dikonsumsi secara berlebihan kedelai dapat merusak kelenjar tiroid yang dapat menghambat metabolisme yodium di dalam tubuh dan dapat membahayakan penyerapan asupan nutrisi di dalam tubuh.

Segala sesuatunya yang dikonsumsi secara berlebihan tidak dapat memberikan manfaat dengan baik. Oleh karena itu konsumsilah kedelai dengan kadar yang bijaksana. (Baca juga: Bahaya Makan Lalapan Mentah bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D