Bahaya Makan Lalapan Mentah bagi Kesehatan

Mengkonsumsi lalapan memang merupakan salah satu kebiasaan yang digemari oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Lalapan memang paling asik jika dikonsumsi bersamaan dengan sambal yang pedas, namun kebiasaan makan lalapan mentah yang tidak dibersihkan terlebih dahulu dapat meninggalkan bakteri yang mengancam sistem kantung empedu manusia.

Bahaya lalapan mentahEmpedu merupakan kelenjar kecil yang mempunyai dua saluran yang terhubung ke hati dan usus dua belas jari. Kelenjar empedu berfungsi untuk mengalirkan cairan empedu sebagai pemecah lemak dari makanan serta melarutkan vitamin dan nutrisi lainnya. Selain berfungsi untuk menyalurkan, terdapat pula kantung empedu yang berfungsi untuk menyimpan cairan empedu dengan mengentalkannya.

Batu empedu merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya keluhan pencernaan yang dapat menganggu kualitas hidup seseorang. Selain berasal dari kadar kolesterol tinggi, batu empedu juga dapat terbentuk dari benda asing yang masuk ke saluran empedu.

Batu empedu berbentuk seperti pigmen yang dapat disebabkan oleh cacing yang bersembunyi di dalam organ hati. Pada umumnya masalah ini banyak ditemukan pada orang-orang Sunda yang gemar mengkonsumsi lalapan mentah.

Apabila batu empedu dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan tindakan medis dengan segera, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan infeksi atau peradangan akut. Penyakit batu empedu menimbulkan gejala seperti nyeri perut saat mengkonsumsi makanan berlemak, sering mengalami nyeri dan mudah hilang di bagian perut kanan atas.

Setelah mengetahui bahayanya, sebaiknya jagalah kebersihan makanan mentah sebelum dikonsumsi sebagai lalapan untuk memastikan tidak ada makhluk hidup atau kotoran yang menempel. (Baca juga: Bahaya Akibat Terlalu Banyak Mengkonsumsi Mie Instant)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D