Tips Sederhana untuk Mencegah Migrain

Migrain merupakan sakit kepala sebelah yang bisa datang menyerang ketika menjalankan aktivitas. Saat migrain menyerang tentunya sangat menganggu karena rasa sakitnya dapat berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak hanya dapat membuat kepala berdenyut, migrain juga bisa disertai dengan gejala mual dan muntah.
 
Penyebab migrain belum diketahui dengan jelas, namun ada beberapa upaya pencegahan yang berguna untuk mengurangi frekuensi datangnya migrain.

1.    Amati dan Catat Pemicu Migrain
Tips sederhana untuk mencegah migrain
Image Source: pixabay.com

Sebaiknya amati dan catatlah hal-hal apa saja yang dapat memicu migrain. Biasanya pemicunya dapat berasal dari kurang tidur, bau-bauan, makanan, atau menstruasi. Kemudian, cobalah untuk menghindari pemicu hal-hal tersebut apakah frekuensi migrain menjadi berkurang.

2.    Makan Tepat Waktu

Ketika telat makan, gula darah di dalam tubuh menjadi menurun dan dapat memicu kambuhnya migrain. Oleh karena itu, selalu tepati jadwal makan kemudian sediakan camilan sehat berupa kacang tanpa garam atau buah dan sayuran organik yang sudah dikeringkan.

3.    Melakukan Olahraga Secara Teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat mencegah kambuhnya migrain. Namun, bagi yang belum terbiasa melakukan olahraga mulailah dengan melakukan olahraga yang lebih ringan sebelum meningkatkan intensitasnya secara bertahap.

4.    Jadilah Sedikit Membosankan

Stres dikenal sebagai salah satu pemicu migrain, namun penelitian yang di telah dilakukan Montefiore Headache Canter di New York pada tahun 2014 menyatakan bahwa stres bukanlah faktor utama yang menyebabkan migrain. Penelitian tersebut justru menduga bahwa migrain baru muncul setelah stres mereda. Hal tersebut disebabkan karena saat stres tubuh dapat memproduksi hormon kortisol yang berguna untuk meredakan rasa sakit, namun jika produksinya menurun itulah yang menyebabkan munculnya migrain. Oleh karena itu para ilmuan tersebut menyarankan agar penderita migrain menjalankan hidup yang lebih teratur dan tidak banyak perubahan.

5.    Memilih Alat KB yang Tepat

Jenis obat-obatan yang mengandung estrogen termasuk pil atau terapi hormon dapat mengakibatkan fluktuasi hormon yang dapat memicu atau memperparah migrain. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum untuk memilih alat KB yang tepat agar terhindar dari migrain. 

Setelah mengetahui cara pencegahannya, lakukanlah dengan cermat untuk terhindar dari penyakit migrain yang tak tertahankan. (Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Alzheimer)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D