Cara Mencegah Penyakit Alzheimer


Alzheimer merupakan gejala hilangnya memori pada organ otak dalam jangka pendek. Pada umumnya penyakit ini menyerang mereka yang berusia lanjut yaitu sekitar 65 tahunan ke atas. Namun tidak menutup kemungkinan untuk para remaja dan orang dewasa, karena penyakit tidak akan memandang faktor apapun.

mencegah penyakit alzheimerMereka yang mengalami alzheimer atau kepikunan ditandai dengan gejala seperti sering mengucapkan kata-kata yang sama dalam rentang waktu yang tidak lama, sering lupa jika meletakkan barang-barangnya dan lain sebagainya. Hal tersebut disebabkan karena adanya penurunan fungsi memori otak dalam menyimpan berbagai hal. Untuk mencegah penyakit alzheimer ada beberapa solusi mudah yang dapat dilakukan.

1.    Mengaktifkan Kinerja Otak

Salah satu cara yang berguna untuk mencegah penyakit alzheimer adalah mengaktifkan kinerja otak, seperti meluangkan waktu untuk membaca buku, mengisi teka-teki silang, atau mulai menulis berbagai pelajaran hidup yang bermanfaat bagi orang lain.

2.    Berolahraga

Melakukan olahraga tidak harus dilakukan dengan melakukan latihan fisik yang berat dalam waktu lama, karena berjalan kaki di pagi hari sekitar 30 menit dan menghirup udara segar merupakan salah satu olahraga mudah yang berguna untuk mengurangi resiko penyakit alzheimer sebesar 50%.

3.    Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Senyawa antioksidan berfungsi untuk mencegah munculnya alzheimer lebih cepat, kandungan senyawa ini banyak terdapat di dalam sayuran Berdaun hijau, kacang-kacangan dan beri-berian.

4.    Berlatih Meditasi

Meditasi adalah kegiatan pengosongan semua pikiran yang berkecambuk di dalam otak dengan mulai merasakan setiap hembusan nafas. Meditasi berguna untuk mencegah penyakit alzheimer karena dapat mengontrol tingkat stres aliran darah menuju ke otak.

5.     Tidur Berkualitas

Waktu tidur yang cukup atau tidur berkualitas akan meningkatkan kesehatan otak sehingga sangat efektif untuk mencegah datangnya penyakit alzheimer.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, oleh karena itu melakukan pencegahan terhadap penyakit alzheimer sejak dini merupakan hal yang berharga untuk jangka waktu panjang. (Baca Juga: Penyebab Kinerja Otak yang Semakin Menurun)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D