Tanda Gangguan Kesehatan yang Dilihat dari Kaki

Setiap organ tubuh yang dimiliki oleh manusia mempunyai fungsi dan perannya masing-masing, seperti telinga untuk mendengar, mata untuk melihat dan kaki untuk menopang tubuh. Jika dibedakan menurut perannya, semua organ tubuh termasuk organ tubuh di dalamnya mempunyai peranan yang besar. Namun, jika dilihat dari berat fungsinya, kedua kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang mempunyai tugas yang sangat berat, yaitu sebagai penopang utama dari seluruh tubuh.
 
Selain bertugas untuk menopang tubuh, kaki juga dapat memberikan tanda pada saat tubuh mengalami gangguan kesehatan. Seperti yang akan dijelaskan pada beberapa ulasan berikut ini.
1.    Jari Kaki Terasa Dingin

Gangguan kesehatan yang dilhat dari kakiJika jari-jari kaki terasa dingin, maka kondisi tersebut dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan peredaran darah atau gangguan pada syaraf yang tidak terkontrol. Selain itu, kurangnya aliran darah pada kaki dapat menyebabkan kaki menjadi dingin dan menyebabkan gangguan seperti anemia.

2.    Perubahan Warna pada Kaki

Jika terjadi perubahan warna di telapak kaki seperti pucat, memerah bahkan muncul bercak-bercak biru maka kondisi tersebut merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami penyakit Raynaud, yaitu sebuah gangguan penyempitan arteri atau arteri yang mengalami kejang. Penyakit ini dapat disebabkan karena adanya reaksi obat, stres, gangguan syaraf maupun gangguan pada tiroid.

3.    Kaki Membengkak

Pembengkakan pada kaki normal terjadi apabila dialami oleh ibu hamil atau pada saat melakukan penerbangan dengan waktu yang lama. Biasanya kondisi ini akan berkurang dengan sendirinya. Namun, jika pembengkakan terjadi dalam waktu yang lama maka merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan yang serius. Pembengkakan bisa terjadi karena proses pembekuan darah, gangguan pada ginjal atau peredaran darah yang bermasalah.

4.    Seperti Terbakar

Jika untuk beberapa kondisi, kedua kaki menimbulkan sensasi seperti terbakar penyebabnya jelas merupakan hal yang cukup normal. Namun, jika sensasi tersebut terjadi secara tiba-tiba dan terjadi dalam waktu yang cukup lama maka kondisi tersebut merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan seperti kekurangan vitamin, diabetes, penyakit ginjal kronis atau kerusakan pada syaraf perifer.

Jika, mengalami tanda-tanda tersebut segeralah berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter untuk mengidentifikasi penyebabnya secara pasti. (Baca juga: Bahaya Salah Pilih Memakai Sepatu bagi Kesehatan Kaki)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D