Bahaya Salah Pilih Memakai Sepatu bagi Kesehatan Kaki

Selalu memperhatikan penampilan merupakan salah satu hal yang penting, khususnya bagi mereka yang ingin pergi ke suatu tempat di acara formal maupun non-normal, tentunya mereka ingin selalu tampil menarik dihadapan seseorang karena sebagian orang beranggapan bahwa apa saja yang kita kenakan akan berpengaruh pada penilaian orang lain.

Sumber Gambar:
http://www.kesehatanpedia.com/2015/03/bahaya-salah-pilih-memakai-sepatu-bagi.html
Oleh karena itu, sebagian besar orang lebih memilih apa yang mereka kenakan berdasarkan dari warna, bentuk, model dan harganya. Padahal di balik itu semua penting untuk memilih apa yang biasa kita kenakan dengan mempertimbangkan faktor kesehatannya salah satunya adalah memilih sepatu yang tepat dan pas di kaki, karena hal tersebut berpengaruh pada kenyamanan dan kesehatan tulang kaki. 

Salah mengenakan alas kaki juga akan berakibat fatal bagi penampakan kaki, serta akan timbul berbagai masalah seperti gangguan tulang. Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bahaya memakai sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki. 

1. Kulit Kaki Yang Menebal

Kesalahan memilih sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki akan berakibat pada penebalan kulit pada telapak dan tumit yang biasa disebut dengan kapalan. 

2. Tulang Menjadi Menonjol

Bentuk sol sepatu yang tidak baik dapat memicu pertumbuhan tulang kecil yang menyerupai duri di bagian tumit sehingga tulang terlihat nampak menonjol, hal ini disebabkan karena adanya peradangan yang menstimulasi sel-sel di dalam tubuh.

3. Kuku Tumbuh Ke Dalam

Salah memilih ukuran dan bentuk sepatu dapat memberikan tekanan yang disebabkan oleh ujung sepatu sehingga pertumbuhan kuku menjadi ke dalam yang akan berakibat pada kaki cantengan. 

4. Arthritis

Terlalu sering berjalan menggunakan sepatu hak tinggi akan sedikit menekuk lutut sehingga beban terfokus pada paha dan akan membuat lutut menjadi rentan terhadap cedera seperti radang sendi dan arthritis.

Setelah mengetahui hal ini, seharusnya pembaca lebih berhati-hati dan lebih teliti lagi ketika membeli sepatu. Sebaiknya, kenali terlebih dahulu bentuk kaki dan ukuran kaki agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, penting juga untuk mencoba sepatu terlebih dahulu dengan berjalan-jalan di sekitar toko supaya bisa merasakan kenyamanan ketika menggunakannya. (Baca Juga: Tips Mengatasi Bau Kaki saat Memakai Sepatu )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D