-->

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Shift Malam

Normalnya, seseorang akan bekerja di pagi hingga sore hari kemudian tidur atau beristirahat di malam hari. Namun, untuk beberapa orang mereka mempunyai jam kerja di malam hari. Dengan demikian, mereka harus tetap terjaga di malam hari dan tertidur di pagi, hal ini lebih dikenal dengan shift malam.

Tips menjaga kesehatan tubuh saat shift malam
Image Source: pixabay.com
Menjaga kesehatan ketika harus sift malam merupakan salah satu tips yang diperlukan untuk mereka yang bekerja di malam hari. Oleh karena itu, mereka harus mengganti waktu tidur mereka dari malam hari menjadi siang hari. Padahal pergantian jam tidur tersebut akan mengganggu gen tubuh. Gen tubuh berfungsi untuk mengatur produksi protein yang terdapat di dalam tubuh dan kemudian akan mengatur fungsi biologis sehingga dapat menyebabkan fungsi biologis, sinyal kimia, dan hormon di dalam tubuh mengalami masalah.

1.    Tidur Selama Beberapa Jam

Sebelum bekerja di malam hari, sebaiknya cobalah untuk tidur selama satu atau dua jam di dalam ruangan yang gelap. Ketika sudah terbangun, segarkan tubuh dengan menyalakan lampu ruangan selama 15 hingga 30 menit.

2.    Mengkonsumsi Kafein

Kafein merupakan salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap terjaga saat bekerja di malam hari. Namun, pastikan untuk tidak mengkonsumsi kafein lebih dari 200 mg di malam hari. Jika masih mengantuk cobalah untuk memutar musik yang dapat membuat lebih bersemangat.

3.    Berolahraga di Malam Hari

Olahraga malam memang tidak disarankan untuk dilakukan oleh orang yang akan melakukan aktivitas di pagi hari karena olahraga malam dapat membuat orang tidak bisa tidur nyenyak. Namun, bagi mereka yang menjalani sift malam, berolahraga malam dapat membuat tubuh menjadi tetap segar dan terjaga.

4.    Jangan Mengganti Jadwal Tidur

Ketika sedang libur, sebaiknya jangan mencoba untuk mengganti jadwal tidur di malam hari. Hal tersebut berguna untuk mencegah agar sistem gen tidak terganggu dengan terjadinya pergantian jadwal tidur.

Nah, itu tadi beberapa tips yang mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kesegaran saat bekerja shift malam. (Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat Merusak Liver)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel