Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh

Spirulina merupakan jenis alga alami yang tidak sama dengan jenis alga pada umumnya yang tumbuh di tanah karena alga jenis ini biasa dibudidayakan di air tawar, air laut maupun kolam khusus spirulina. Para ahli telah melakukan penelitian terhadap jenis alga ini, di dalamnya ternyata terdapat banyak kandungan asam amino dan protein lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. 

Manfaat spirulina

1.    Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi spirulina setiap hari berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, menstabilkan kadar kolesterol serta dapat menurunkan berat badan.

2.    Mencegah Kanker

Kandungan fikosianin di dalam alga ini berguna untuk mencegah dan mengatasi pertumbuhan sel-sel kanker sejak dini. Fikosianin merupakan zat pigmen yang mempunyai sifat anti kanker.

3.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan beberapa protein di dalamnya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

4.    Mengurangi Efek Kemoterapi

Alga ini juga dapat mengurangi efek kemoterapi yang dialami oleh pasien yang menjalaninya, yaitu dengan mengkonsumsinya setiap hari setelah melakukan kemoterapi.

5.    Mengatasi Anemia

Di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang mempunyai kemampuan untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia atau kurang darah.

6.    Menurunkan Berat Badan

Kandungan beta karoten, klorofil dan GLA di dalamnya bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan sehingga dapat ditambahkan ke dalam menu diet sehat harian.

Spirulina sudah bisa didapatkan dan bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen yang terdapat pada toko-toko herbal maupun apotik. Namun, suplemen ini harus  dikonsumsi sesuai dosis yang sudah ditentukan. (Baca juga: Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D