Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh


Selain banyak digunakan sebagai bumbu masakan nusantara, cengkeh juga sudah banyak digunakan sebagai tanaman apotik hidup karena mempunyai kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit sejak jaman dahulu, seperti mengatasi sakit gigi dan masih banyak lagi diantaranya adalah sebagai berikut :

manfaat cengkeh

1.    Mencegah Peradangan

Kandungan zat aktif di dalamnya seperti flavonoid bekerja dengan sifat anti inflamasinya sehingga dapat mengurangi peradangan pada penyakit rematik.

2.    Mengatasi Mual dan Muntah

Kandungan zat aktif di dalamnya terbukti ampuh untuk mengurangi serta mengatasi keluhan mual dan muntah.

3.    Meningkatkan Sistem Pencernaan

Cengkeh mempunyai kemampuan untuk mengundurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan yang mengalami masalah sehingga dapat meringankan diare, sakit perut, gas usus dan muntah.

4.    Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan senyawa eugenol di dalamnya berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan pada darah sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

5.    Meringankan Infeksi Saluran Pernapasan

Kandungan antioksidan di dalam cengkeh dan berbagai zat lainnya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan dapat membunuh kuman yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, sehingga dapat mengurangi dan mengobati flu dan batuk.

6.    Menjaga Tubuh Tetap Hangat

Cengkeh merupakan salah satu tanaman herbal yang berfungsi menjaga tubuh agar tetap hangat, baik dengan cara dikunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang terasa dingin.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat meningkatkan kadar asam lambung. (Baca Juga:Manfaat Sarang Semut bagi Kesehatan Tubuh )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D