Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan Tubuh


Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain dapat dikonsumsi menjadi berbagai macam olahan makanan seperti nasi goreng sayur bayam, sayur bening, keripik daun bayam, sayuran ini juga dapat dijadikan jus yang menyehatkan.
Manfaat jus bayam

Jus bayam juga bisa dibuat dengan campuran buah-buahan lainnya, sehingga tetap sehat dan nikmat untuk dikonsumsi. Sebelum melangkah lebih jauh untuk menjelaskan mengenai manfaat jus bayam, berikut ini akan diberikan resep untuk membuat jus bayam :

-          Siapkan 50 g daun bayam berwarna hijau pekat. 2 sdt air jeruk lemon, 400 g apel hijau yang sudah dipotong kecil-kecil, 3 sdm madu, es serut dan air secukupnya.
-          Masukan bayam dan apel untuk dihaluskan ke dalam blender
-          Kemudian, tuangkan air putih, es serut dan air lemon ke dalamnya
-          Tambahkan 3 sdm madu, aduk hingga rata.

Setelah mengetahui resep pembuatan jus bayam yang enak dan sehat, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa kandungan dan manfaatnya.

1.    Kaya Akan Antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi berguna untuk mengikat dan menghancurkan efek radikal bebas serta dapat melindungi tubuh dari berbagai reaksi oksidatif yang dapat menjadi racun di dalam tubuh.

2.    Sumber Serat

Di dalam bayam terdapat serat yang dapat membebaskan tubuh dari kandungan lemak berlebih sehingga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

3.    Rendah Kalori

Di dalamnya terdapat kandungan kalori kurang dari 25 per porsi yang dapat menghasilkan rasa kenyang yang setara dengan satu potong roti gandum.

4.    Sumber Nutrisi Lainnya

Di dalamnya juga terdapat kandungan lutein, betakaroten dan alfakaloreten. Semua kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk melindungi sel-sel lemah di dalam tubuh agar tidak terkena serangan benih kanker ganas.

5.    Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat kasar yang terdapat di dalamnya berguna sebagai karet busa khususnya di dalam organ usus sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan memperlancar buang air besar.

6.    Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam bayam terdapat kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tulang, dengan mengkonsumsinya tentu saja dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis.

7.    Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang dimilikinya berguna untuk mencegah timbulnya anemia (kurang darah).

Manfaat bayam bisa dikonsumsi dengan cepat apabila dikonsumsi dalam olahan jus (cair) karena tubuh tidak perlu melakukan penyerapan nutrisinya dengan waktu lama. (Baca Juga: Khasiat Jus Jambu Merah bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D