Khasiat Jus Jambu Merah bagi Kesehatan

Khasiat jus jambu merah 


Khasiat Jus Jambu Merah
Pohon jambu biji merupakan tumbuhan tropis yang banyak ditemukan di Negara Indonesia. Jambu biji sendiri adalah buah yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Sesuai dengan namanya, buah ini identetik dengan buah yang mempunyai banyak biji. Kebanyakan orang malas untuk mengonsumsi jambu ini karena memiliki banyak biji. Padahal ada cara yang bisa dilakukan untuk tetap mengonsumsinya dengan cara menghilangkan bijinya, salah satunya adalah dengan cara mengolahnya menjadi jus yang nikmat dan menyegarkan.

Jambu biji merah memiliki warna daging merah dengan rasa yang cenderung manis jika dibandingkan dengan jambu biji yang berwarna putih. Selain nikmat, buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini penulis akan menguraikan tentang menfaat jus jambu biji merah untuk kesehatan.


Manfaat Minum Jus Buah Jambu Biji Merah untuk Kesehatan Tubuh


1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Di dalam buah ini terdapat kandungan yang kaya akan vitamin A dan karoten. Kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan ketajaman pada organ mata.

2. Memiliki Manfaat Antioksidan

Selain memiliki kandungan vitamin A, jambu ini juga memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan  dan mensintesis kolagen di dalam tubuh. Senyawa antioksidan lainnya yang terdapat di dalam jambu biji adalah flavonoid dan polivenol diantaranya seperti likopen, betakaroten, cryptoxanthin dan lutein. Kandungan senyawa-senyawa antioksidan tersebut berperan untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sedangkan kolagen adalah protein struktual utama yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, organ, tulang dan kulit.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Di dalam buah yang satu ini juga terdapat kandungan serat yang tinggi. Serat tersebut berfungsi untuk menjaga sistem pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan dengan cara melindungi selaput lendir usus besar dan mengurangi paparan racun. Selain itu, serat dalam jambu biji merah juga berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

4. Membantu Penyerapan Nutrisi

Jambu biji juga kaya akan kandungan mineral dalam bentuk mangan. Kandungan tersebut berperan penting untuk membantu tubuh melakukan penyerapan nutrisi makanan yang sudah dikonsumsi. Hal itu disebabkan asupan gizi untuk tubuh juga ditentukan dalam proses penyerapannya.

5. Membantu Kelenjar Tiroid

Selain mangan, buah berwarna merah ini juga mengandung mineral tembaga yang baik untuk menjaga dan membantu fungsi kelenjar tiroid. Terganggunya kelenjar kiroid menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan, salah satunya adalah mengakibatkan penyakit yang serius.

Manfaat mengonsumsi jambu biji merah tak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, karena juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Setelah mengetahui beberapa informasi kesehatan mengenai manfaat jambu biji merah, maka janganlah ragu untuk mengonsumsinya.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D