Manfaat Biji Sorgum bagi Kesehatan Tubuh


Sorgum merupakan jenis tanaman yang berasal dari keluarga rumput asli daerah  tropis dan subtropis di seluruh dunia. Meskipun banyak jenis sorgum, tetapi hanya ada satu spesies yang ditanam untuk dikonsumsi oleh manusia, sedangkan jenis yang lainnya lebih banyak digunakan sebagai pakan untuk ternak.

Sorgum banyak digunakan  untuk produksi molase sorgum, biji-bijian, dan sirup sorgum. Di sisi lain sorgum juga banyak  digunakan untuk memproduksi minuman beralkohol dan bahan baku biofuel. Kemudian, pada saat ini sorgum juga dianggap sebagai sereal yang paling penting nomor lima di  seluruh dunia.  

Manfaat biji sorgum

Biji tanaman sorgum adalah makanan yang umumnya masih bisa diterima oleh orang-orang yang alergi makanan produk gandum. Selain itu, kandungan nutrisi tinggi di dalamnya menjadikannya sebagai pangan alternatif yang baik bagi kesehatan tubuh.

1.    Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan sumber serat di dalam sorgum berguna untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga dapat terhindar dari masalah sembelit.

2.    Mencegah Kanker

Di dalam lapisan katul dari biji-bijian sorgum terdapat kandungan antioksidan yang  jarang ditemukan pada jenis makanan lainnya. Kandungan antioksidan berguna untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker terutama kanker esofagus.

3.    Pengendalian Diabetes

Karbohidrat yang dikonsumsi secara berlebihan akan diuraikan menjadi gula sederhana sehingga dapat meningkatkan kadar glukosa di dalam tubuh dan menyebabkan diabetes. Namun katul sorgum yang kaya akan zat tannin mempunyai enzim yang dapat menghambat penyerapan pati oleh tubuh sehingga dapat mengatur kadar insulin dan glukosa di dalam tubuh.

4.    Menjaga Kesehatan Tulang

Sorgum mengandung kalsium dan magnesium yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang serta mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis dan arthritis.

5.    Meningkatkan Sirkulasi dan Produksi Sel Darah Merah

Kandungan zat besi dan tembaga banyak ditemukan di dalam biji sorgum yang berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memproduksi sel darah merah.

Konsumsilah sorgum dengan takaran yang wajar dan tidak berlebihan agar memperoleh manfaatnya dengan lebih maksimal. (Baca juga: Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D