Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan Tubuh


Biji bunga matahari atau yang lebih dikenal sebagai kuaci merupakan salah satu jenis camilan yang menyehatkan. Biji bunga matahari atau kuaci memiliki tekstur yang lembut dan kaya akan kandungan nutrisinya. Selain mempunyai rasa yang enak untuk dikonsumsi, biji bunga matahari juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

manfaat biji bunga matahari
1.    Anti-inflamasi

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh biji bunga matahari berguna untuk mengurangi gejala asma, osteoarthritis, rheumatoid arthritis serta dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar dan dapat membantu mengurangi adanya komplikasi diabetes. 

2.    Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Kandungan vitamin E di dalamnya memiliki kemampuan untuk mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah.

3.    Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan pitosterol di dalamnya mempunyai kemampuan untuk membantu menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan dari kekebalan kanker tertentu.

4.    Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium yang terdapat di dalamnya diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan dapat memperbaiki struktur tulang.

5.    Meningkatkan Proses Detoksifikasi

Di dalam biji bunga matahari terdapat kandungan mineral selenium yang berfungsi untuk menginduksi perbaikan DNA di dalam sel yang rusak. Selenium yang tergabung dari banyak protein ini juga digunakan oleh organ hati untuk mendetoksifikasi berbagai molekul yang berpotensi membahayakan.

Meskipun mempunyai bentuk dan ukuran yang kecil, ternyata biji bunga matahari atau yang lebih dikenal dengan kuaci ini mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D