-->

Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan Tubuh


Bawang bombay merupakan tanaman yang berasal dari genus Allium, dimana juga digolongkan dalam keluarga bawang putih dan bawang merah. Bawang bombay identik dengan bentuknya yang bulat, selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan ternyata bawang ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat bawang bombay

1.    Melawan Kanker

Kandungan senyawa sulfide di dalamnya bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh agar terhindar dari pertumbuhan sel-sel kanker.

2.    Mengendalikan Kadar Glukosa Darah

Bawang bombay mengandung alil-propil-disulfida dan mineral krom (chromium) yang berperan untuk membantu meningkatkan produksi hormon insulin. Insulin merupakan hormon yang membantu penyerapan glukosa oleh sel tubuh.

3.    Mencegah Penggumpalan Darah

Kandungan sulfur di dalamnya berperan untuk mencegah terjadi pengumpalan darah.

4.    Membantu Sistem Pencernaan

Kandungan serat pangannya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu juga terdapat kandungan prebiotik yang berfungsi untuk mendorong bakteri baik sehingga dapat membantu fungsi sistem pencernaan.

5.    Melindungi Terhadap Alergi

Bawang bombay kaya akan kandungan quercetin yang merupakan suatu antioksidan yang mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti alergi.

6.    Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan vitamin B kompleks seperti thiamin, asam folat, asam pantotenat dan pridoksin merupakan nutrisi penting bagi otak.

7.    Memperkuat Tulang

Kandungan sejumlah mineral seperti fosfor, tembaga, kalsium dan magnesium berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan memperkuat tulang.

Ternyata selain dapat digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, bawang bombay juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. (Baca Juga: Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Rambut dan Kecantikan)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel