Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan Rambut dan Kecantikan

Lada hitam merupakan salah satu bumbu pelengkap makanan yang mempunyai rasa pedas. Di negara Indonesia bumbu ini memang tidak begitu populer seperti cabai, namun sudah banyak orang yang memanfaatkannya untuk digunakan sebagai bumbu pelengkap beberapa makanan. Selain itu, dibalik rasanya yang pedas ternyata juga terdapat banyak manfaat baik yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan. 

Hal tersebut adalah kabar yang menarik yang belum terduga sebelumnya. Namun, itulah yang menjadi alasan penulis untuk membahasnya secara lebih rinci mengapa salah satu bumbu pedas ini memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh. 

Khasiat Biji Lada Hitam bagi Tubuh


Manfaat lada hitam1. Mencegah Kanker
Kandungan senyawa piperine di dalamnya mempunyai kemampuan untuk mencegah dan memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh, khususnya sel kanker di daerah payudara.

2. Sumber Antioksidan
Antioksidannya terdiri dari kandungan vitamin A, vitamin C, flavonoid dan karoten. Semua kandungan tersebut berperan untuk mengatasi radikal bebas di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit serius dan berguna untuk mencegah penuaan dini. 

3. Menurunkan Berat Badan
Kandungan zat phytonutrient mempunyai kemampuan untuk menghancurkan sel-sel lemak berlebih yang terdapat di dalam tubuh.

4. Menyembuhkan demam dan flu
Bumbu masakan ini memiliki kemampuan untuk melegakan tenggorokan serta dapat mengatasi masalah hidung tersumbat sehingga dapat menyembuhkan penyakit demam dan flu.

5. Mencegah Jerawat
Lada hitam dapat dijadikan sebagai masker dan scrub alami karena berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, menutrisi kulit dan dapat memperlancar jalannya oksigen di dalam kulit. Hal tersebut disebabkan karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin C dan anti-bakteri.

6. Mengurangi Ketombe
Sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi (anti-peradangan) memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang ada pada kulit kepala sehingga dapat mencegah serta dapat mengurangi ketombe secara berkala. 

7. Menghilangkan Rasa Nyeri
Sifat anti-inflamasi dan diuretik di dalamnya mempunyai kemampuan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri yang dialami.

Semua manfaat tersebut bisa didapatkan dengan cara mencampurkannya ke dalam olahan masakan yang disukai. Penting juga untuk tidak menggunakannya secara berlebihan, karena mengkonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan seperti diare dan radang lambung. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca: Khasiat Biji Ketumbar
Advertisement

Artikel Lainnya :-D