Makanan yang Diperbolehkan Dikonsumsi bagi Penderita Typus

Penyakit typus merupakan penyakit dominan yang disebabkan karena kurangnya perhatian masyarakat dan penderitanya terhadap kebersihan lingkungan, sehingga bakteri salmonella dapat menginfeksinya dan menyebabkan berbagai gejala penyakit typus. Gejala penyakit typus diawali dengan tanda-tanda ringan seperti lesu, menurunnya nafsu makan, badan tidak enak, batuk, nyeri otot dan perut kaku. Tak lama kemudian akan disusul dengan gejala yang lebih berat seperti diare, demam panjang, mual-mual, hingga gangguan kesadaran. Ketika menyadari gejala-gejala tersebut, penderita typus hendaknya lebih memperhatikan masalah kesehatan yang sedang mereka alami.

Makanan penderita typus

Penderita penyakit ini sangat berbeda dengan penderita penyakit lainnya yang pada umumnya diperbolehkan untuk mengkonsumsi aneka macam buah dan sayuran. Namun, untuk penderita typus tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi semua jenis sayuran dan buah-buahan.
Berikut ini beberapa kriteria makanan yang diperbolehkan dikonsumsi untuk pasien penderita penyakit typus :


  1. Mengandung kadar cairan yang cukup dan mempunyai kandungan vitamin, protein dan kalori
  2. Makanan yang tidak mempunyai kandungan serat
  3. Makanan yang tidak mengandung atau mengakibatkan adanya produksi gas di dalam tubuh
  4. Makanan yang bertekstur lunak dan mudah dicerna oleh tubuh
  5. Makanan yang tidak mengandung  susu atau merupakan olahan yang berasal dari susu
  6. Makanan yang tidak mempunyai kandungan lemak tinggi, tidak terlalu asin, tidak terlalu pedas, tidak terlalu manis dan tidak mempunyai bumbu tajam.

Berdasarkan dari kriteria tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penderita typus hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah yang tidak mengandung serat, lembut, mempunyai rasa yang tidak tajam dan merupakan jenis yang tidak dimakan kulitnya seperti pisang, pepaya, alpukat dan lain sebagainya. Sedangkan sumber protein hewani yang diperbolehkan untuk dikonsumsi diantaranya adalah ikan rebus, telur rebus, dan hati ayam rebus. Untuk asupan karbohidratnya penderita typus disarankan untuk mengkonsumsi kentang rebus, bubur beras, bubur tepung, dan pudding.

Dengan mengetahui informasi ini, masyarakat diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih tentang bagaimana cara merawat orang yang sedang menderita penyakit typus. (Baca juga: Tips Meningkatkan Kualitas Sereal untuk Sarapan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D