Tips Meningkatkan Kualitas Sereal untuk Sarapan Sehat

Sarapan sangat penting bagi kesehatan tubuh karena asupan nutrisi yang dikonsumsi saat sarapan bermanfaat untuk menjalankan banyak kegiatan. Orang yang sering melewatkan sarapan biasanya akan mengalami sejumlah masalah kesehatan, merasa lemas, konsentrasi menjadi berkurang, kegemukan bahkan beresiko terkena penyakit diabetes. 

Menu sarapan yang baik mempunyai kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin, mineral dan energi. Oleh karena itu lengkapilah sarapan dengan makanan bernutrisi tinggi seperti sereal yang ditambahkan dengan susu. Berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk meningkatkan kualitas sereal sebagai menu sarapan yang sehat.

Meningkatkan kualitas sereal sarapan


1.    Terdiri dari Biji-bijian

Sereal yang sehat untuk sarapan terbuat dari gandum, jagung atau beras merah. Semua jenis ramuan tersebut kaya akan serat, mineral, vitamin dan antioksidan karena ada banyak sereal yang dibuat dengan olahan biji-bijian yang dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah.

2.    Mengandung Serat Pangan Cukup

Serat adalah salah satu unsur di dalam makanan yang tidak dapat dicerna dan mempunyai peranan penting bagi kesehatan, seperti dapat menurunkan kadar gula, menurunkan kadar kolesterol dan dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit kronis.

3.    Mengandung Kadar Gula Rendah

Pilihlah sereal yang tidak mengandung kadar gula yang lebih dari 5 gram, biasakan untuk membaca tabel nutrisi di belakang kotak sereal terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

4.    Mengandung Sodium Rendah

Beberapa sereal mengandung 300 miligram sodium per porsinya, namun para ahli merekomendasikan agar memilih sereal yang tidak lebih dari 200 mg sodium per porsinya.

5.    Rendah Kalori

Semua sereal mempunyai kaya akan kalori, untuk mengatasinya sebaiknya konsumsi sereal dengan mengukurnya terlebih dahulu karena kebanyakan sereal mempunyai ukuran satu cangkir atau hanya tiga perempat cangkir saja setiap porsinya. 

Sarapan memang tidak harus dengan mengkonsumsi sereal, jika ingin mengkonsumsi makanan lainnya untuk dijadikan sebagai menu sarapan pastikan agar dapat disajikan dengan porsi dan unsur gizi yang baik dan sehat. (Baca juga: Tips Sarapan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D