Kebutuhan Nutrisi Wanita Menopause

Banyak orang pasti setuju bahwa diet yang seimbang penting bagi kesehatan tubuh, walaupun tak banyak dari mereka yang mengetahui kebutuhan gizi seimbang sesuai dengan jenis kelamin dan usia. Di waktu tertentu diet memang harus diseimbangkan seperti pada ibu menyusui dan remaja yang mempunyai kebutuhan nutrisi berbeda. 

Kebutuhan nutrisi wanita menopause
Image Source: pixabay.com
Kebutuhan gizi bervariasi dari setiap individu dan akan terus berubah seiring dengan perkembangan usia mereka, salah satunya adalah kebutuhan nutrisi wanita pra-menopause yang sehat harus mempunyai sekitar 1.000 mg kalsium per hari. Sedangkan untuk wanita menopause memerlukan konsumsi kalsium sekitar 1.500 mg per hari. 

Kebutuhan tinggi kalsium wanita menopause bisa didapatkan dengan mengkonsumsi produk olahan susu seperti susu, keju, yogurt dan salmon, sarden serta sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Selain itu, kebutuhan vitamin D juga sangat penting untuk penyerapan kalsium dan pembentukan tulang.

Sebuah studi telah menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami osteoporosis para perempuan para-menopause atau menjelang menopause yang mengkonsumsi vitamin D selama 3 tahun secara signifikan dapat mengurangi terjadinya patah tulang belakang. 

Wanita berusia muda ataupun wanita yang memasuki usia menopause dianjurkan untuk mengkonsumsi 20 sampai 30 gram serat per hari, kemudian kurangi mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan garam. Jika ingin mengkonsumsi suplemen tambahan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi, untuk mengetahui apakah suplemen tersebut mempunyai efek samping bagi kesehatan atau tidak.

Masa menopause memang tidak bisa dihindari oleh setiap wanita, namun untuk mencegah terjadinya berbagai masalah pada usia menopause sebaiknya perlu diperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. (Baca Juga: Gejala & Ciri-Ciri Menopause Dini)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D