Gejala & Ciri-Ciri Menopause Dini

Menopause adalah kondisi berhentinya siklus menstruasi karena tanda akhir dari masa reproduksi wanita, kondisi ini normalnya dialami oleh wanita yang berusia 50 ke atas. Tetapi banyak kasus yang menyatakan bahwa banyak wanita berusia dini mengalami menopause. Mengapa demikian? Hal itu bisa disebabkan karena adanya beberapa faktor seperti, sering merasa stres dan mengalami tekanan kerja. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ciri-ciri menopause dini, akan diberikan penjelasannya sebagai berikut.

 
Gejala & ciri-ciri menopause dini
Image Source: pixabay.com

1. Kekeringan vagina

Ciri menopause dini diawali dengan berhentinya siklus hormonal sehingga vagina menjadi kering dalam jangka waktu yang cukup lama. Siklus hormonal adalah kondisi vagina selalu lembab karena selalu dilumasi dengan baik.

2. Sensasi terbakar

Sensasi seperti terbakar merupakan hal yang umum dialami bagi wanita berusia 20-an. Sensasi terbakar biasanya dirasakan di daerah telinga.

3. Perubahan suasana hati
Mengalami perubahan emosional dengan adanya suasana hati yang tiba-tiba marah, sedih dan melankolis. Terkadang, sering merasa tertekan bahkan mempunyai pikiran untuk mengakhiri hidupnya.

4. Perubahan pola tidur

Sering tidak bisa tidur nyenyak karena adanya depresi dan gejolak hormonal. Hal tersebut merupakan keluhan yang akan mempengaruhi suasana hati dan  menimbulkan rasa stres kedua hal itu merupakan salah satu faktor  pemicu terjadinya menopause dini.

5. Gairah seks yang rendah

Wanita yang berusia 20 hingga 30-an umumnya memiliki dorongan seksual yang tinggi. Akan tetapi jika ada orang yang menghindari seks dengan berbagai alasan dengan usia produktif, sangat diperlukan untuk segera memeriksakan kadar hormon di dalam tubuh.

6. Menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur secara tiba-tiba juga merupakan salah satu ciri menopause dini, kejadian ini merupakan hal yang tidak wajar, karena itu segeralah mengkonsultasikannya ke dokter. 
7. Rendah kalsium

Pada saat hormon estrogen di dalam tubuh wanita berkurang maka, tulang mulai kehilangan kalsium. Oleh karena itu penderita menopause dini sering mengalami sakit pada sendi dan tulang.

8. Palpitasi

Palpitasi adalah tanda masalah jantung. Hormon reproduksi wanita juga berperan untuk melindungi organ jantung dari kerusakan. Ketika masa menopause sudah dekat, kondisi ini akan mulai berpengaruh pada kesehatan jantung.
9. Infertilitas 

Jika siklus menstruasi dan kadar hormon tidak teratur dapat menganggu infertilitas (tidak subur) sehingga, kesulitan untuk bisa hamil.

Untuk mengetahui kebenaran kondisi tubuh harus dilakukan pemeriksaan dan mengkonsultasi tentang keluhan yang dirasakan kepada dokter. Hal itu bertujuan untuk melakukan pencegahan dam penanganan yang tepat. (Baca Juga: Tips Alami Mencegah Menopause Dini )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D