Kandungan Gizi di Dalam Rempela Ayam

Ampela atau yang sering disebut dengan rempela ayam merupakan organ/jerohan saluran pencernaan ayam. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bila sudah diolah jerohan merupakan makanan yang banyak digemari oleh orang. Selain itu, secara keseluruhan daging ayam termasuk jerohannya seperti rempela dan hati mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan gizi rempela ayam
1.    Kadar Lemak dan Kolesterol

Di dalam 100 gram atau sekitar 3,5 ons rempela ayam mengandung sekitar 2,68 gram total lemak dan kurang dari 1 gram adalah lemak jenuh. Selain itu di dalam 100 gram rempela ayam terdapat 370 mg kolesterol. Oleh karena itu, tidak konsumsinya harus dibatasi agar terhindar dari resiko terkena penyakit kanker, jantung dan stroke.

2.   Kadar Protein

Di dalam satu porsi rempela ayam terdapat kandungan protein yang tinggi dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Protein di dalamnya berfungsi untuk membantu proses regenerasi sel-sel yang membentuk otot dan jaringan tubuh lain.

3.   Kandungan Nutrisi

Di dalam 3,5 ons atau 100 gram rempela ayam terdapat kandungan zat besi sebanyak 3.19 mg dan zinc sebesar 4,42 mg. Kandungan nutrisi tersebut diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat, penyembuhan luka dan dapat membantu proses pembelahan sel.

Mengingat rempela ayam mempunyai kandungan kolesterol tinggi, para ahli menganjurkan 
bahwa rempela ayam hanya boleh sesekali dimasukkan ke dalam menu diet. Kemudian, untuk membuat rempela ayam menjadi makanan yang sehat sebaiknya tumislah menggunakan minyak zaitun dan campurkan dengan sayuran. (Baca juga: Manfaat Makan Ceker Ayam untuk Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D