Manfaat Makan Ceker Ayam untuk Kesehatan

Manfaat ceker ayam
Ceker ayam merupakan salah satu makanan yang nikmat apabila diolah dengan baik dan benar. Namun, bagi orang yang tidak suka mengkonsumsinya, memiliki asumsi bahwa mengkonsumsinya merupakan hal yang menjijikkan dan merepotkan. 

Sedangkan, sebagian orang yang gemar mengkonsumsi ceker ayam beranggapan bahwa makanan yang berasal dari kaki ayam ini memiliki rasa dan sensasi khas yang begitu nikmat. Tak heran jika para penggemarnya mengkonsumsi makanan sebagai menu makanan sehari-hari, bahkan dijadikan sebagai menu makanan utama.

Pada jaman sekarang ini, banyak rumah makan yang menjual berbagai olahan ceker ayam dengan rasa yang gurih dan pedas. Tingkat kepedasannya pun sesuai dengan level yang ditawarkan, karena semakin tinggi levelnya maka semakin pedas rasanya. Hal ini merupakan salah satu kabar baik untuk para penggemar ceker ayam, di sisi lain ceker ayam ternyata mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat Konsumsi Ceker Ayam bagi Kecantikan Kulit dan Kesehatan Tubuh


1.      Mengatasi Rasa Sakit Akibat Arthritis 
Kandungan kartilago yang terdapat di dalam ceker ayam mempunyai peranan penting untuk menggerakkan sendi-sendi di dalam tubuh. Kartilago terdiri atas nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk menjaga kelancaran sendi-sendi sehingga sangat berkhasiat ketika meminimalisir adanya rasa sakit akibat arthritis. Di sisi lain, kandungan kartilagonya bermanfaat untuk memperlancar pergerakan tubuh. 

2.      Mengatasi Penyakit Rematik
Kandungan zat kapur di dalamnya berfungsi untuk mengatasi penyakit rematik. Untuk itu para penderita rematik dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan ini secara teratur. 

3.      Meremajakan Kulit
Kaki ayam mempunyai kandungan kolagen yang cukup tinggi, hal tersebut tentunya bermanfaat untuk meremajakan kulit sehingga terlihat lebih awet muda. Selain itu, kandungan kolagennya berperan untuk menguatkan sistem pembuluh darah agar peredaran darah menjadi lancar dan cepat. 

Sebenarnya kandungan gizi dan manfaat ceker ayam telah diketahui sejak jaman dahulu oleh masyarakat dari negara China. Oleh karena itu, mereka banyak menggunakannya untuk diolah menjadi sup penambah stamina mengobati nyeri sendi dan pegal-pegal. Para ilmuan juga telah berusaha untuk terus mencoba mengekstrasi kandungan kolagen di dalamnya yang akan dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan suplemen kecantikan untuk proses meremajakan kulit agar terlihat lebih awet muda.

Setelah mengetahui kandungan gizi dan manfaatnya, masih ragukah untuk mengkonsumsinya? Nah, untuk lebih jelasnya sebaiknya baca juga: Kandungan Nutrisi Lengkap dari Daging Ayam beserta Manfaatnya Bila Dikonsumsi
Advertisement

Artikel Lainnya :-D