Cara Mencegah Penyakit Mata Katarak

Katarak merupakan penyakit mata yang disebabkan karena adanya gangguan pada lensa mata yang tertutup oleh suatu kristal. Kristal yang menutupi lensa mata tersebut merupakan penggabungan antara protein dan molekul air. Padahal lensa mata berfungsi untuk memfokuskan objek hingga jatuh ke retina sehingga juga lensa mata tertutupi maka akan mengganggu penglihatan hingga menyebabkan kebutaan.

Cara mencegah mata katarakPada umumnya penyakit mata katarak banyak dialami oleh para lansia, kemudian gejala dari penyakit katarak ini sangat sederhana dan mirip dengan gangguan mata lainnya seperti mata rabun, diantaranya adalah banyak mengeluarkan air mata, mata merasa nyeri apabila berada di tempat yang terang, penglihatan menjadi kabur hingga menimbulkan pembengkakan pada lensa mata.



Oleh kerena itu, diperlukan untuk meminimalisir terkena resiko penyakit mata katarak sejak dini dengan beberapa cara berikut ini :

1.    Segera Periksakan ke dokter apabila mengalami salah satu gejalanya

Sebaiknya jangan menunda waktu untuk memeriksakan diri ke dokter jika telah mengalami gejala seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2.     Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Kandungan sumber vitamin di dalam buah dan sayur telah terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit mata katarak. Oleh karena itu perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan khususnya yang mengandung vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

3.    Menggunakan kacamata hitam di luar ketika di bawah terik matahari

Jika berada di luar rumah dan tepat di bawah terik matahari, dianjurkan untuk memakai kacamata hitam untuk menghindari radiasi sinar UV yang berasal dari radiasi matahari.

Melakukan pencegahan sejak dini merupakan cara terbaik untuk terhindar dari masalah yang tidak diinginkan termasuk penyakit mata katarak. (Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Mata Timbilan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D