Penyebab dan Cara Mengobati Mata Timbilan


Mata timbilan dalam dunia medis dikenal dengan eye pimple atau eye stye, kondisi ini biasanya muncul secara tiba-tiba yang berbentuk benjolan di tepi mata mirip dengan jerawat namun lebih besar dan berwarna merah. Selain menyebabkan rasa ketidaknyamanan, mata timbilan juga dapat membuat orang yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri. oleh karena itu perlu mendapatkan perawatan dengan tepat agar tidak menyebabkan gangguan penglihatan.

Mata timbilan disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dan kuman yang sering mempengaruhi tepi kelopak mata atau mata sehingga memunculkan sebuah benjolan. Benjolan pada merah yang berwarna merah ini berisi air dan nanah dan menyebabkan bengkak pada sekitar kelopak mata. Infeksi tersebut dapat menular dan dapat dialami oleh siapa saja tanpa penyebab yang signifikan.

Mengobati mata timbilan
Timbilan juga mungkin terjadi karena kurang atau tidak tepatnya dalam menjaga kebersihan tubuh karena mata timbilan disebabkan oleh bakteri dan kuman yang mudah menular. Oleh karena itu pastikan agar tidak terjadi kontak langsung dengan orang yang mengalaminya, hindari penggunaan alat-alat pribadi secara bersamaan dengan penderita, dan biasakan untuk mencuci tangan sebelum menyentuh bagian mata.

Penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya sekitar 7 hingga 10 hari, tetapi akan lebih baik untuk menghubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan medis karena pada umumnya dokter akan memberikan obat tetes mata dan antibakteri untuk proses penyembuhan yang lebih cepat.

Selain pengobatan medis, pengobatan lain juga dapat dilakukan di rumah dengan cara menggunakan kapas yang dicelupkan dengan kapas bersih ke dalam air hangat untuk membersihkan bagian kelopak mata yang terinfeksi. Hal ini berguna untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada daerah yang terkena timbul dan dapat menjaga kebersihan mata agar infeksi yang ada tetap terkendali. Jika nanah sudah mulai keluar, kompres dengan air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi pembengkakan dan dapat membuat nanah lebih mudah keluar.

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jangan mencoba untuk memencetnya karena dapat membuat infeksi menjadi lebih parah. Tetap jagalah kebersihan dan kesehatan tubuh agar terhindar dari gangguan infeksi dan penyakit. (Baca Juga: 4 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Tubuh & Mata)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D