-->

Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang disebabkan karena kegagalan nefron ginjal dalam menjalankan fungsinya untuk memproses aliran nutrisi di dalam darah ketika melewati ginjal. Seseorang yang menderita gagal ginjal diharuskan untuk menjalani perawatan medis dengan menggunakan mesin dialysis atau yang sering disebut dengan cuci darah.
Mencegah penyakit gagal ginjal
Namun mencegah adalah tindakan yang lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu berikut ini akan diberikan tips mengenai cara mencegah penyakit gagal ginjal.
 
1.    Mengontrol tekanan darah

Memiliki tekanan darah yang terlalu tinggi atau bersifat kronis dapat memicu adanya resiko terkena gagal ginjal akut, sehingga mengontrol tekanan darah agar tetap normal merupakan salah satu cara untuk mencegah penyakit gagal ginjal.

2.    Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dengan tetap. Selain itu, bawang putih juga berguna untuk mencegah terjadinya pengumpalan darah di dalam tubuh.

3.    Berhenti Merokok

Selain berbahaya bagi kesehatan jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan tekanan darah kronis dan dapat menyebabkan serangan gagal ginjal karena kandungan zat nikotin di dalamnya.

4.    Berhenti Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol sangat beresiko dalam meningkatkan tegangan pada nefron ginjal. Mengurangi atau berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol dapat meminimalisir terjadinya serangan gagal ginjal.

5.    Melakukan Pemeriksaan Urine dan Darah Secara Teratur

Kunjungi rumah sakit atau rumah sakit yang menyediakan fasilitas pemeriksaan urine secara berkala, karena berguna untuk mengontrol dan mengetahui aktivitas organ ginjal.
Melakukan pencegahan sejak dini merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi masalah kesehatan yang ada dan harus tetap diimbangi dengan menjalankan pola hidup sehat. (Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Alzheimer)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel