Tips Sarapan yang Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling penting demi kelangsungan hidup. Semakin berkembangnya jaman, banyak makanan cepat saji dan makanan yang kurang sehat apabila terlalu sering dikonsumsi atau malah digunakan sebagai makanan pokok. Hal tersebut sangatlah tidak memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Begitu juga makanan untuk orang yang ingin memiliki tubuh yang proporsional dan langsing, menjaga asupan makanan merupakan hal yang sangat perlu untuk diperhatikan.


Tips sarapan yang baik untuk menurunkan berat badam
Image Source: pixabay.com
Program diet atau program penurunan berat badan merupakan kegiatan yang sudah banyak dilakukan oleh seseorang yang memiliki badan gemuk atau seseorang yang tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya. Oleh karena itu, dilakukan program diet supaya mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Ada banyak macam dan jenis diet yang dapat dilakukan, seperti berolahraga secara rutin dan terutama adalah menjaga asupan makanan setiap harinya. Makan di pagi hari atau sarapan memiliki peran penting untuk melancarkan program penurunan berat badan. Nah, untuk itulah berikut ini ada beberapa aturan sarapan yang dapat diterapkan saat sarapan sehari – hari.
  • Jangan Lewatkan Sarapan
Sarapan selain mencegah timbulnya penyakit jantung dan beberapa macam penyakit pada sistem pencernaan, ternyata juga penting untuk program diet. Sebab, sarapan berguna untuk mencegah naiknya kadar gula darah dan asam lambung yang dapat menyebabkan penyakit maag. Selain itu, saat pagi hari merupakan waktu yang baik bagi tubuh untuk menerima asupan energi dan gizi dari makanan sehat yang kita makan. Sehingga mencegah terjadinya makan makanan berlebih pada siang hari karena paginya tidak sarapan. Dan saat siang hari, seseorang cenderung mengkonsumsi makanan yang cepat saji dan mengandung kalori yang cukup tingi. Alhasil bukan tubuh yang langsing, malah tubuh semakin melebar ke samping.
  • Mengandung Protein
Selain karbohidrat, mengkonsumsi makanan yang mengandung protein saat sarapan juga sangat baik bagi tubuh. Apabila terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat saat sarapan akibatnya malah mudah mengantuk. Sarapan dengan roti atau telur plus susu merupakan menu sarapan yang sudah cukup baik. Dapat pula mengkonsumsi buah – buahan segar sebagai penambah gizi vitamin bagi tubuh. Jangan makan berlebihan ya!
  • Pisang
Bangun pagi, bagi setiap orang merupakan kegiatan yang cukup sulit untuk dilakukan. Sehingga sering mengabaikan sarapan dan memiliki untuk tidak sarapan. Apabila tidak sempat membuat menu sarapan pagi, pisang merupakan alternatif yang patut untuk dicoba. Pisang merupakan jenis buah – buahan yang kaya akan kandungan nutrisi di dalamnya. Seperti kandungan karbohidrat dan kaya akan serat. Selain itu buah pisang juga mudah untuk dicerna di pagi hari dan dapat menahan rasa lapar. Sehingga dapat membantu program diet atau penurunan berat badan. Namun, alangkah baiknya lagi untuk mengkonsumsi air putih setelah bangun tidur supaya terhindar dari dehidrasi dan menyehatkan kulit. Setelah itu baru mengkonsumsi buah pisang.

Jadi, sarapan merupakan kegiatan di pagi hari yang sangat penting bagi kesehatan tubuh dan juga dapat membantu program penurunan berat badan secara efektif. Selain itu, sarapan juga memiliki beberapa aturan seperti diatas sehingga dapat memperlancar program tersebut. Semoga bermanfaat! (Baca Juga: Bahaya Meninggalkan Sarapan Pagi bagi Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D