Bahaya Meninggalkan Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Bahayanya Tidak Sarapan Pagi

Bagi setiap orang pasti melupakan yang namanya sarapan di pagi hari. Setiap orang juga memiliki alasan tidak serapan, seperti bangun kesiangan, takut terlambat, tidak sempat masak, dan lain sebagainya. Padahal, sarapan merupakan salah satu kegiatan terpenting di waktu pagi sebelum melakukan aktivitas sehari – hari.

Menurut sebuah penelitian, sarapan merupakan hal wajib di pagi hari, walaupun hanya dengan roti atau semangkuk sereal. Hal ini dikarenakan makanan sehat yang dikonsumsi pada pagi hari memberikan kontribusi baik bagi tubuh sebelum melakukan kegiatan setelahnya. Namun, apabila telat sarapan atau jarang sarapan di pagi hari dapat berdampak pada kesehatan tubuh, seperti berikut ini :

Apa Bahaya Tidak Sarapan Pagi ?

Bahaya meninggalkan sarapan pagi bagi kesehatan
Image Source: pixabay.com
  • Resiko Obesitas

Melewatkan atau jarang sarapan ternyata dapat menyebabkan resiko obesitas. Menurut sebuah penelitian, melupakan sarapan dapat 4,5 kali lebih gemuk dibanding orang yang sering melakukan sarapan. Apalagi ditambah dengan kebiasaan makan di luar rumah pada waktu malam hari juga dapat mengakibatkan obesitas.

  • Mengakibatkan Kolesterol dan Penyakit Jantung

Bagi seseorang yang sering melupakan sarapan akan cenderung lebih banyak mengkonsumsi lemak dan sedikit mengkonsumsi nutrisi, seperti serat, kalium dan kalsium yang baik bagi tubuh daripada orang yang rutin sarapan pagi. Kecenderungan lebih banyak mengkonsumsi lemak itulah dapat beresiko terkena penyakit kolesterol dan penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga dapat pula beresiko terkena penyakit jantung.

  • Haid Tidak Teratur

Sarapan merupakan hal penting bagi para pelajar dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, karena sarapan pagi dapat meningkatkan memori pada otak. Selain itu, bagi para pelajar putri yang sudah mengalami masa puberitas, sebaiknya jangan sering melewatkan sarapan pagi. Hal ini dapat mengakibatkan haid atau menstruasi menjadi tidak teratur dan menyakitkan.

  • Menyebabkan Maag

Penyakit maag sering terjadi pada seseorang yang telat sarapan atau tidak pernah sarapan, terutama bagi pelajar wanita. Hal ini disebabkan oleh lambung yang terus mengeluarkan asam lambung dan terus bekerja walau tidak ada asupan makanan yang masuk ke dalamnya. Sehingga mengakibatkan perut terasa sakit dan seperti diremas – remas. Nah, inilah yang disebut dengan maag, apabila terus dibiarkan akan menjadi maag akut dan sulit sekali menerima makanan yang asam walaupun sedikit serta penyakit lainnya.

  • Menurunkan Kemampuan Kognisi

Menurut sebuah penelitian, pelajar yang sering melupakan sarapan dapat menurunkan kemampuan memecahkan persoalan, menurunkan kemampuan mengingat dan konsentrasi. Sedangkan bagi  pelajar yang tidak pernah melewatkan sarapan cenderung akan lebih aktif, nilainya bagus, dan jarang untuk meninggalkan kelas.


Nah, itulah tadi bahayanya jika melupakan sarapan di pagi hari. Jadi, sarapan itu sangat penting bagi kesehatan tubuh dan kemampuan daya pikir seseorang, walaupun sarapan hanya mengkonsumsi roti dengan selai atau hanya susu saja. Sebaiknya biasakan untuk melakukan serapan setiap pagi hari. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D