-->

Tips Duduk di Sofa Agar Sehat

Tips Duduk di Sofa
Setiap orang pasti memiliki barang kesayangan di rumah, apakah itu boneka, tas, sepatu atau bahkan sofa. Sofa merupakan salah satu jenis tempat duduk yang memiliki kenyamanan yang lebih saat digunakan untuk duduk dan memiliki banyak penggemar. Ketika duduk diatas sofa kesayangan, maka enggan untuk bangkit atau berdiri dari sofa tersebut.

Banyak hal yang dapat dilakukan diatas sofa kesayangan seperti membaca buku, bersantai, berkomunikasi, bermain game dan lain sebagainya. Duduk selama berjam – jam lamanya tidak akan terasa. Namun, kebiasaan ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

Terlalu lama duduk diatas sofa atau tempat duduk lainnya dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan kesehatan. Seperti mengganggu peredaran darah dan sistem metabolisme tubuh serta beberapa macam gangguan lainnya. Ditambah lagi bahan yang digunakan untuk membuat sofa yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan. Sehingga dapat menaikkan resiko terkena penyakit lebih tinggi.

Nah, untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan saat bersantai dan duduk diatas sofa kesayangan. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat dicoba supaya terhindar dari beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh sofa.
  • Pilih Bahan Kain yang Kuat
Saat hendak membeli sofa kesayangan, cobalah untuk memperhatikan bahan kain sofa. Perhatikan bahan kain yang digunakan pada sofa tersebut, apakah tipis atau tebal. Hal ini bertujuan untuk menghindari bahan kain yang sangat mudah robek. Sebab, kain yang mudah robek dapat menaikkan eksposur bahan kimia yang berada di dalam sofa. Oleh sebab itulah, dianjurkan untuk lebih teliti lagi saat membeli sofa supaya terhindar dari gangguan kesehatan.
  • Pilihlah Bahan Alami
Pilihlah sofa yang menggunakan bahan alami seperti kayu yang lebih aman, kuat dan sehat. Namun, kelemahan dari bahan dasar kayu ini adalah keras dan kurang begitu nyaman. Namun, untuk menghindari hal tersebut dapat ditambahkan busa atau pilih yang ada busa pada bagian alasnya. Sehingga nyaman saat diduduki. Berbeda dengan sofa yang di dalamnya berisi busa poliuretan yang lebih empuk dan nyaman. Namun, sofa jenis ini tidak aman bagi kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan beberapa macam gangguan kesehatan akibat bahan kimia yang dikandungnya.
  • Menjaga Kebersihan Sofa 
Sofa yang dibiarkan dan tidak dirawat akan menjadi sarang berbagai macam virus, kuman dan bakteri yang membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, bersihkan sofa secara rutin sekali dalam seminggu dengan menggunakan kemoceng atau vakum cleaner untuk membersihkan debu dan kotoran yang terselip di dalam sofa.

Selain menjaga kebersihan sofa, kesehatan tubuh juga harus dijaga. Dengan tidak terlalu lama duduk di sofa kesayangan dan rajin berolahraga setiap pagi sebelum duduk di sofa kesayangan. Selain itu, buatlah tubuh tetap aktif supaya tubuh tidak kaku dan terhindari dari beberapa macam gangguan tulang serta sendi. Terlalu lama duduk juga dapat mengakibatkan susah buang air besar atau sembelit.

Jadi, duduk diatas sofa juga dapat mengakibatkan beberapa macam gangguan kesehatan tanpa disadari. Oleh karena itu, supaya terhindar dari beberapa macam  gangguan tersebut hendaknya mengikuti beberapa macam tips diatas. Sehingga, duduk diatas sofa kesayangan akan lebih sehat. (Baca Juga: Bahaya Duduk Terlalu Lama )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel