Bahaya Duduk Terlalu Lama di Kantor Depan Komputer

Bahaya Akibat Buruk Terlalu Lama Duduk Didepan Komputer Kantor

Kehidupan yang serba mudah pada saat ini membuat manusia terlena akan kecanggihan fasilitas yang memang berdampak positif untuk melakukan sebuah pekerjaan dan meringankan pekerjaan tersebut. Dengan duduk kita sudah dapat mengakses informasi di seluruh dunia dengan melakukan browsing di depan layar computer atau laptop. Kegiatan tersebut pastinya akan mengharuskan seseorang duduk dalam waktu lama. Hal tersebut tidak mempunyai dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Bahaya Terlalu Lama Duduk dan Tips Agar Sehat Bekerja di Depan Komputer Kantor

Bahaya Akibat Buruk Duduk Terlalu Lama


Terlalu lama duduk dapat membahayakan kesehatan tubuh serta dapat mengundang berbagai jenis penyakit yang mematikan diantaranya mengakibatkan berubahnya bentuk struktur tulang belakang, penyakit diabetes dan penyakit jantung. Hal itu dapat dicegah dengan cara melakukan aktivitas fisik seperti jalan-jalan, pergi untuk gym atau dengan melakukan olahraga yang lainnya untuk mengurangi dampak buruk akibat terlalu lama duduk. Pada kesempatan kali ini kami juga akan menjelaskan tentang cara mengurangi bahkan menghilangkan dampak negatif akibat terlalu lama duduk.

1.      Rutin berolahraga pagi sekitar 30 menit setiap harinya dapat membantu untuk menyehatkan tubuh khususnya pada bagian persendian. Mulailah dengan melakukan olahraga seperti berjalan santai, bersepeda, berenang dan bersepeda.

2.      Untuk yang biasa menjelajahi dunia internet atau yang memiliki hobi berinternet, memberikan istirahat pada mata dengan berjalan keluar ruangan beberapa menit selama 30 menit. Pastinya terlalu banyak duduk dan menatap layar computer atau laptop akan membuat mata lelah bahkan terasa pedih.

3.      Untuk pekerja kantoran, sempatkan untuk memberikan selisih jeda beberapa menit saat beraktivitas. Contohnya dengan melakukan aktivitas jalan sebentar di luar ruangan akan memperkecil resiko penyakit yang disebabkan karena terlalu lama duduk.

4.      Sebagai tambahan, menonoton televisi terlalu lama juga dapat berdampak pada kesehatan. Pastinya saat menonton televise dianjurkan dengan posisi duduk karena dengan posisi tiduran akan lebih cepat merusak mata. Sebaiknya jangan terlalu lama menonton televisi, segera matikan televise Anda saat jam tidur tiba.


Tubuh yang terbiasa tidak melakukan aktivitas gerak seperti dengan duduk terlalu lama, dapat menimbulkan rasa pegal dan kaku pada otot. Hal itu juga tidak berakibat baik dalam waktu jangka panjang. Karena itu sangat diperlukan selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat. So, jangan biasakan duduk terlalu lama didepan komputer kantor ya !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D