Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan

manfaat minyak VCOMinyak VCO (Virgin Coconut Oil) atau minyak yang berasal dari buah kelapa. Pada umumnya minyak kelapa dianggap sebagai minyak yang buruk karena memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Namun, Faktanya adalah minyak kelapa masih memiliki manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh, khususnya minyak kelapa yang mempunyai sebutan VCO (Virgin Coconut Oil).

VCO memiliki kandungan 92 persen asam lemak rantai yang dapat terus diserap melalui dinding usus secara rutin. Proses yang dilakukan juga merupakan proses yang cukup cepat karena tidak melalui proses enzimatik dan hidrolisis.

Kemudian kandungan asam lemak rantai tersebut akan diedarkan ke menuju aliran darah menuju organ hati untuk dimetabolisir. Di dalam organ hati minyak VCO akan diproses menjadi bentuk energi. Energi tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi organ tubuh, jaringan dan kelenjar endoktrin.

Selain itu, minyak VCO juga dapat digunakan sebagai bahan campuran makanan serta dapat digunakan secara langsung untuk mempercantik kulit dan rambut. Berikut ini juga akan dijelaskan mengenai informasi lainnya yang berhubungan dengan manfaat minyak VCO.

1. Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam laurat yang terdapat di dalam minyak VCO berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Minyak VCO mempunyai sifat antibakteri dan antivirus. Sifat tersebut yang dapat mencegah timbulnya plak dengan cara membunuh mikroorganisme yang terkait. Selain itu, mengkonsumsi minyak VCO berguna untuk mencegah pengentalan darah serta dapat mencegah penyempitan pembuluh darah.

3. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Asam lemak yang terdapat di dalam minyak VCO berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi tulang dari radikal bebas yang dapat merusak tulang dan menyebabkan penyakit osteoporosis.

4. Mencegah Penyakit Diabetes Miletus

Penyakit diabetes miletus karena adanya timbunan glukosa. Kandungan MCFA yang terdapat di dalam minyak VCO berfungsi untuk memproduksi hormon insulin yang dapat membantu proses perubahan glukosa menjadi bentuk energi yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh.

5. Menambah Stamina

Minyak VCO dapat memberikan energi yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa dikonsumsi sebagai suplemen kesehatan agar tidak mudah lelah.

6. Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan MCFA yang terdiri dari asam oleat, asam palminat, asam kaprat, asam miristat, dan asam kaprilat). Kandungan tersebut berguna sebagai sumber energi bagi ibu hamil dan janinnya.

Manfaat minyak VCO bisa didapatkan dengan pemakaian dan mengkonsumsinya secara bijaksana. Bagi orang yang mempunyai kadar kolesterol tinggi perlu berkonsultasi dahulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi dan memakai minyak VCO. (Baca Juga: Khasiat Minyak Almond untuk Kesehatan )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D