Manfaat Minyak Almond bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Seperti yang sudah diketahui pada umumnya kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, begitu pula dengan kacang almond. Sebenarnya, kacang almond adalah biji dari buah almond yang dapat diolah dengan cara digoreng serta dapat dijadikan sebagai komponen bahan pembuatan es krim, kue dan lain sebagainya.

manfaat minyak almondSelain bijinya, buah almond juga telah banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik atau produk kecantikan dengan cara diolah dan diekstrasi menjadi minyak almond. Khasiat minyak almond berguna untuk menjaga kesehatan kulit karena di dalamnya terdapat kandungan yang bermanfaat untuk memberikan kelembaban alami pada kulit. 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat minyak almond bagi kesehatan kulit. Berikut Penjelasannya!

1. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak kacang almond berguna untuk menghaluskan dan melembabkan kulit karena di dalamnya terdapat kandungan sumber protein dan vitamin yang mempunyai kemampuan untuk mencegah kerusakan kulit yang terjadi karena sinar radiasi matahari.

2. Meredakan Iritasi Kulit

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang rawan terhadap iritasi, seperti gatal-gatal, bercak kemerahan, dan bengkak, kondisi tersebut dapat disebabkan karena banyak faktor seperti alergi, psoriasi, eksim, ruam, dan peradangan. Semua permasalahan tersebut bisa diatasi dengan menggunakan minyak almond karena di dalamnya terdapat sifat anti-inflamasi yang berguna untuk meredakan iritasi dan mengatasi peradangan.

3. Menghilangkan Sel-sel Kulit Mati

Kandungan vitamin C dan vitamin E di dalamnya berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit sehingga kulit menjadi lebih halus dan ceria. Caranya dapat dilakukan dengan :

  • Mencampurkan minyak almond dengan susu sebanyak 1 sdm, dengan sedikit air perasaan lemon dan garam.
  • Oleskan pada bagian wajah secara merata
  • Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih
  • Jika, ingin menggunakannya sebagai scrub tambahkan bahan-bahan tersebut dengan 1 sdt gula pasir
  • Kemudian, pijat scrub pada bagian wajah dalam gerakan melingkar kecil untuk menghilangkan komedo dan sel-sel kulit mati.
4. Mengatasi Kerutan

Kandungan vitamin A dan vitamin B di dalamnya mempunyai kemampuan untuk mengatasi masalah kerutan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal terapkan cara ini dengan tetap menggunakannya secara bijaksana yaitu dalam porsi secukupnya.  (Baca Juga: Khasiat Minyak Zaitun bagi Tubuh )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D