Manfaat Meditasi bagi Kesehatan Fisik dan Mental


Pada jaman sekarang meditasi sudah menjadi salah satu teknik relaksasi yang banyak digemari dan dilakukan masyarakat. Selain bermanfaat untuk menenangkan pikiran, ternyata meditasi dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

manfaat meditasi
1.    Mengatasi masalah tidur

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa sebanyak 75% penderita insomnia yang melakukan meditasi dapat segera tidur setelah 20 menit berbaring di tempat tidur.

2.    Menurunkan berat badan

Duduk diam dengan bermeditasi juga dapat menurunkan berat badan  karena meditasi dapat meredam keinginan untuk terus mengkonsumsi makanan.

3.    Meringankan Sindrom PMS (Pra-Menstruasi)

Salah satu cara untuk mendapatkan kondisi tubuh yang rileks dan mengurangi Sindrom PMS adalah dengan cara bermeditasi. Sebuah studi membuktikan bahwa wanita-wanita yang mengalami Sindrom PMS kronis akan mengalami peningkatan kesembuhan hingga 58% setelah berlatih meditasi selama 5 bulan.

4.    Mencegah gangguan pencernaan

Jika sering mengalami gangguan pencernaan, atasilah dengan cara bermeditasi. Hal tersebut disebabkan karena teknik relaksasi tersebut membuat perut menjadi tenang sehingga proses penyerapan makanan dapat berjalan secara maksimal dan lancar.

5.    Menurunkan tekanan darah tinggi

Peneliti dari Universitas Harvard menemukan bahwa dengan bermeditasi seseorang dapat menurunkan tekanan darah. Hal tersebut disebabkan karena meditasi dapat membuat tubuh menjadi kurang responsif terhadap hormon penyebab stres dan  dapat bekerja secara dengan obat penurun tekanan darah.

6.    Mencegah stres

Meditasi dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi beban yang ada di pikiran. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menemukan bahwa meditasi  berhasil mengurangi stres dan menenangkan pikiran dari 77% orang yang mengalami stres tingkat tinggi.

7.    Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

Meditasi dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi sehingga akan memberikan pencapaian maksimal dalam belajar. 

Supaya lebih rileks, sebaiknya lakukan meditasi sambil mendengarkan musik yang tenang dengan menggunakan aromaterapi beraroma ringan. (Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Depresi Berat ?)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D