Bagaimana Cara Mengatasi Depresi Berat ?

Penyebab, Ciri-ciri dan Tips Menghilangkan Depresi 

Depresi merupakan perasaan negatif yang muncul karena adanya rasa frustasi, kekhawatiran dan rasa sedih. Semua itu merupakan perasaan-perasaan umum yang sering dialami semua orang dan merupakan hal yang dianggap wajar. Perasaan depresi mampu memberikan dampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah jika seseorang dapat mengatasi masalah depresi yang berkepanjangan, orang tersebut dapat mengubah jalan pikirnya dan pola hidupnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana cara mengatasi depresi berat?

Image Source: pixabay.com
Dampak negatifnya adalah, jika seseorang tidak dapat keluar dari perasaan depresi, maka akan cenderung lebih putus asa dari sebelumnya. Keadaan  tersebut akan menimbulkan hal-hal buruk yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Dampak negatif tersebut akan terus muncul dan  menganggu kebiasaan sehari-hari. Untuk itu, sangat dianjurkan supaya tidak mengalami perasaan frustasi yang berkepanjangan karena dampak buruknya akan berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

Penyebab Depresi


Berikut ini akan dijelaskan mengenai penyebab utama perasaan depresi :


1. Kurang Berpikir Positif

Sering memikirkan hal-hal yang negatif merupakan salah satu penyebab depresi. Orang yang cenderung terlebih dahulu memikirkan hal-hal yang negatif akan merasa takut dan malas untuk melakukan sebuah tindakan atau perubahan di dalam hidupnya. Hal itu akan membuat seseorang tersebut memiliki rasa ragu dan merasa tidak mampu.


2. Kurangnya Rasa Percaya Diri

Orang-orang yang mengalami depresi pada umumnya akan cenderung terus menyalahkan diri sendiri. Bahkan kesalahan kecil yang dilakukan dianggap sebagai masalah besar akibat kesalahan mereka sendiri. Keadaan seperti itu dapat menghambat pemikiran yang akan menjurus dalam rasa putus asa karena merasa tidak bisa melakukan segala sesuatu dengan benar.


3. Merasa Tertekan Karena Adanya Beban Hidup Yang Dihadapi

Kebanyakan orang merasa bahwa hal-hal yang sedang mereka hadapi merupakan sesuatu yang tak seharusnya mereka jalani. Kondisi tersebut akan menimbulkan beban tersendiri dan tidak dapat memotivasi diri sendiri karena merasa lemah untuk menghadapi beban hidup.


Ciri-ciri / Gejala Mengalami Depresi


Ini adalah gejala-gejala utama depresi yang sering muncul di dalam kehidupan sehari-hari :
  • Tidak memiliki atau telah kehilangan harapan terhadap masa depan dan cita-citanya
  • Bertambahnya atau berkurangnya nafsu makan
  • Duka dan rasa sedih atau kegalauan yang terus-menerus dan berkepanjangan
  • Sering merasa kelelahan dan mudah pegal-pegal
  • Bertambah atau berkurangnya keinginan untuk tidur atau beristirahat
  • Stress, sering marah-marah dan merasa frustasi serta menyalahkan diri sendiri dan keadaan
  • Tidak memiliki hasrat seksual atau bahkan sebaliknya

3 Tips Singkat Mengobati Depresi Berat


Bagi pembaca yang megalami hal-hal seperti itu, di sini ada 3 tips mengenai cara untuk mengatasi depresi berat :
  • Mengenali pikiran dan perasaan diri sendiri dan menerima kelemahan diri sendiri
  • Mulai untuk bangkit dari kegagalan dan rasa depresi
  • Menggunakan bantuan keluarga, kerabat atau psikoterapi jika parah


Sebenarnya, untuk mengatasi masalah depresi berat tergantung pada kekuatan dan kemauan diri sendiri untuk terus berusaha, tetap berpikir positif dan menjalani segala sesuatunya dengan ikhlas. Karena jika hidup itu sudah terasa susah, jadi janganlah dibuat semakin rumit dengan adanya pemikiran negatif.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D