Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa ASI sangat bermanfaat bagi sang buah hati, terutama untuk kesehatan dan perkembangannya. Oleh karena itu, sebagian besar ibu memilih untuk memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya. Seorang ibu menyusui dituntut untuk menjaga kualitas ASI yaitu dengan mengontrol pola makan dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.
Jenis makanan sehat untuk ibu menyusui
Image Source: pixabay.com

1.    Ikan Salmon

Di dalam ikan salmon terdapat kandungan omega-3 dan DHA yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan bayi, baik untuk jantung, dan dapat membentuk sel darah. Namun, konsumsilah ikan salmon yang benar-benar matang agar terhindar dari kuman dan bakteri.

2.    Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak atau susu kedelai bermanfaat bagi kesehatan terutama untuk mengatasi alergi pada bayi. Selain itu, susu kedelai juga mengandung antioksidan, isoflabon, lesitin, dan sopanin , semua kandungan tersebut berguna untuk mencegah pertumbuhan sel yang  tidak normal.

3.    Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi non-lemak baik untuk kesehatan tubuh terutama untuk ibu menyusui karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi tinggi yang diperlukan sebagai penambah energi yang terbuang pasca melahirkan dan setelah menyusui.

4.    Buah Jeruk

Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk dibutuhkan sebagai suplai ibu yang sedang menyusui.

5.    Roti Gandum

Di dalam roti gandum terdapat kandungan asam folat yang baik untuk perkembangan otak bayi.

6.    Telur

Telur mengandung vitamin D tinggi yang berfungsi untuk menjaga tulang ibu dan perkembangan tulang bayi.
Selain menjaga pola makanan yang sehat, olahraga dan istirahat secara teratur juga dapat membantu memperlancar asupan ASI di dalam tubuh. (Baca Juga: Cara Merawat Miss V dengan Benar)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D