Cara Merawat Miss V dengan Benar

Miss V merupakan salah satu bagian tubuh yang penting bagi seorang wanita. Meskipun demikian, masih banyak wanita yang tidak sabar untuk merawatnya. Padahal jika tidak dirawat dengan baik, akan terjadi banyak masalah pada miss V, seperti gatal, bau tak sedap, keputihan hingga kanker. Untuk mencegah masalah tersebut ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk merawatnya.


Cara merawat miss V dengan benar
commons.wikimedia.org
1. Jaga Agar Selalu Kering

Miss V yang lembap merupakan tempat yang paling disukai bakteri untuk berkembang biak, menimbulkan jamur, menyebabkan bau tak sedap dan menyebabkan keputihan. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaganya agar tetap kering.

2. Bersihkan dari Depan ke Belakang
Bersih dan basuh miss V dari arah depan ke belakang agar terhindar dari terjadinya iritasi akibat perpindahan bakteri yang berasal dari anus.

3. Ganti Pembalut Secara Rutin

Hal utama yang harus diperhatikan ketika sedang mengalami datang bulan adalah rutin mengganti pembalut antara 2 hingga 4 jam sekali agar terhindar dari bakteri dan jamur. Selain itu, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengganti pembalut.

4. Hindari Menggunakan Sabun Mandi

Jangan pernah menggunakan sabun mandi untuk mencuci miss V karena akan tidak sesuai dengan jenis pH sehingga disarankan untuk menggunakan sabun yang sesuai sehingga aman.

5. Hindari Celana Terlalu Ketat

Wanita memang suka memakai celana yang ketat untuk memamerkan lekuk tubuhnya. Padahal menggunakan celana yang terlalu ketat akan membuat kulit di sekitar area miss V sulit bernapas sehingga menjadi lembab.

6. Pilihlah Underwear Berbahan Katun

Area miss V merupakan area yang rentan untuk lembap. Oleh karena itu, pakailah underwear dari bahan katun karena dapat menyerap keringat dan memiliki bahan yang tidak panas.

Miss V merupakan aset berharga bagi setiap wanita sehingga harus mulai dijaga dan dirawat mulai dari sekarang. (Baca Juga: Usia Wanita Haid Pertama Kali Pengaruhi Kesehatan?)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D