Gejala Anak Terserang Radang Amandel





Radang amandel merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat khususnya pada usia anak-anak hingga remaja. Penyakit ini dikenal mampu menurunkan kualitas anak karena anak yang mengidap penyakit amandel lebih mudah sakit dibandingkan dengan anak yang tidak terserang amandel.


Sebenarnya amandel adalah nama organ tubuh, jika amandel mengalami bengkak akibat infeksi hal tersebutlah yang disebut dengan penyakit radang amandel. Namun belum diketahui secara jelas keterkaitan organ amandel dengan sistem kekebalan tubuh anak karena biasanya anak yang mengidapnya menjadi sering sakit dan menimbulkan aneka gejala tersendiri.

Adapun gejala-gejala anak terserang amandel adalah sebagai berikut :

  • Anak terlihat lesu dan tidak bergairah karena dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah.
  • Merasa sakit ketika menelan, hal ini disebabkan karena organ amandel sudah meradang karena infeksi.
  • Mengantuk dan sulit berkonsentrasi sehingga mengganggu sistem belajar anak.
  • Demam tinggi yang sering muncul dan hilang begitu saja karena radang dan demam menunjukkan adanya aktivitas sel imun di dalam tubuh untuk melawan infeksi.
  • Adanya masalah pada saluran pernapasan seperti batuk, serak dan suara menghilang.
  • Sakit kepala dan nyeri pada bagian muka serta leher.
  • Anak tidur mendengkur karena terdapat sumbatan pada saluran pernapasan.

Meskipun anak sudah menunjukkan gejala-gejala tersebut, terkadang orang tua hanya mengira bahwa anaknya hanya terkena influenza atau radang tenggorokan biasa sehingga mereka hanya memberikan obat saja. Padahal penyakit radang amandel bisa menyebabkan masalah yang serius apabila tidak dilakukan penanganan dengan tepat. (Baca Juga: Gejala Autisme pada Anak Balita Sejak Dini)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D