-->

Kandungan Gizi Kangkung dan Manfaatnya

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak digemari masyarakat luas. Kangkung merupakan tanaman yang berasal dari India, kangkung terbagi atas dua jenis menurut tempat tumbuhnya, yaitu kangkung darat (Ipomoea reptans poir) dan kangkung air (Ipomoea aquatic sp). Kedua jenis kankung tersebut mempunyai perbedaan yang segnifikan karena kangkung darat memiliki batang yang tegak dengan daun yang memanjang serta memiliki ujung yang runcing, sedangkan kangkung air memiliki batang yang merambat seperti ubi jalar dengan daun yang pendek dan tumpul.

Meskipun telah banyak ditanam untuk dibudidayakan, sayuran ini juga masih banyak yang tumbuh dengan sendirinya karena kangkung menyukai tempat yang lembab dan berair seperti daratan kering yang lembab, lumpur, daratan berair. Pada umumnya kangkung diolah menjadi masakan tumis atau hanya direbus saja untuk dimakan sebagai lalapan.

kandungan gizi kankungKangkung kaya akan kandungan vitamin A, kandungan vitamin A di dalam kangkung mencapai 6.300 IU. Kangkung juga tinggi akan kandungan zat besi, fosfor, hentriakotan, dan sitoserol. Karena kandungan yang dimiliki tersebut, kangkung berpotensi sebagai anti racun, sedatif, diuretik dan sebagai anti peradangan. Selain itu, kangkung mempunyai sifat antioksidan untuk menangkal penyebab kanker dan radikal bebas.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan lain yang terdapat di dalam kangkung :

 1. Mengatasi Insomnia

Menurut ahli kesehatan dari Filipina yang bernama  Hermina de Guzman Ladion, mengatakan bahwa terdapat kandungan vitamin A, B, C, serta kandungan mineral seperti kalsium zat besi, fosfor, kalsium, karoten, seng dan magnesium. Kandungan vitamin dan mineral tersebut berfungsi untuk menenangkan susunan syaraf sehingga berguna mengatasi insomnia karena syaraf akan merasa santai dan akan merasa nyaman saat tidur.

 2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kangkung mempunyai sifat diuretik yang berperan untuk melancarkan pengeluaran urine sehingga akan membuat organ ginjal menjadi baik dan sehat.

 3. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat di dalam kangkung berperan untuk pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu kangkung sangat baik untuk dikonsumsi untuk mengobati dan mencegah  anemia.

 4. Mencegah Sembelit

 Kangkung merupakan sayur yang mempunyai kandungan serat cukup tinggi. Serat adalah zat yang berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan menyehatkan organ-organ pencernaan.

Kandungan gizi dan manfaat kangkung bisa didapatkan dengan cara menyimpan dan mengolahnya dengan benar. Sebaiknya simpan di dalam lemari es supaya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tidak hilang, kemudian cucilah terlebih dahulu kangkung sebelum dipotong-potong dan jangan memasaknya terlalu matang.  (Baca Juga: Manfaat Konsumsi Sayur Brokoli bagi Tubuh )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel