12 Khasiat Kacang Almond untuk Kesehatan Tubuh

manfaat kacang almond
Kacang almond merupakan makanan yang termasuk dalam golongan biji-bijian karena makanan ini berasal dari biji buah almond, sebagian besar masyarakat sudah mengetahui bahwa kacang ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin, mineral dan serat. 

Selain dapat dikonsumsi secara langsung makanan ini juga dapat diolah menjadi aneka makanan seperti tepung almond, susu almond, minyak almond dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai manfaat mengkonsumsi kacang almond bagi kesehatan tubuh.

1. Sumber Energi

Kandungan protein dan karbohidrat yang dimiliki merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh, mengkonsumsi kacang almond secara teratur dapat menambah energi yang hilang setelah melakukan berbagai aktivitas.

2. Membangun Otot

Selain berguna sebagai sumber energi, kandungan protein di dalamnya bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel dan jaringan otot.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Di dalam kacang almond terdapat kandungan potassium yang berguna untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan kuat agar tetap sehat dan kuat, selain itu juga berguna untuk membentuk dan memperbaiki struktur tulang.

5. Memperbaiki Kadar Kolesterol

Kacang almond hanya mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh jamak, sehingga mengkonsumsinya bermanfaat untuk memperbaiki kadar kolesterol dengan cara mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

7. Sumber Antioksidan

Sumber antioksidan yang dimiliki terdiri dari kandungan vitamin E yang berguna untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

8. Menghaluskan dan Melembabkan Kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya di dalamnya terdapat kandungan vitamin E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit, menghaluskan kulit dan berguna untuk melembabkan kulit.

9. Resiko Terkena Gangguan Metabolisme

Kandungan mineral mangan dalam jumlah yang cukup berguna untuk menjaga fungsi kelenjar tiroid dalam mengendalikan laju metabolisme sehingga tubuh akan terhindar dari gangguan metabolisme.

10. Mengontrol Berat Badan

Riboflavin, mangan dan tembaga berguna untuk membantu proses metabolisme dalam mengolah glukosa menjadi karbohidrat untuk menghasilkan energi sehingga dapat mengurangi kelebihan berat badan atau obesitas.

11. Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat pangan yang dimiliki berguna untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan organ pencernaan dan dapat mencegah sembelit.

12. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan fitokimia yang terdiri dari campasterol, beta-sitoseterol dan stigmasterol bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta dapat mencegah adanya gangguan jantung seperti, serangan jantung.

13. Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan asam folat yang dimiliki merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil karena berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. 

Meskipun kacang almond berguna bagi kesehatan tubuh, konsumsilah secukupnya dan tidak berlebihan karena segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan dampak yang kurang baik. (Baca Juga: Manfaat Makan Kacang Mede Goreng )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D