Tidur Siang Bikin Gemuk Gak Sih? atau Justru Kurus?

Tidur merupakan kegiatan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Saat tidur tubuh diistirahatkan dari semua kegiatan dan aktivitas seharian penuh. Tidur yang baik adalah sebanyak kurang lebih 8 jam per malam, atau tergantung kebutuhan setiap individu. Tetapi tak jarang ada saja yang suka begadang sehingga pada siang hari membuat rasa ngantuk dan ingin tidur siang. Tidur siang merupakan kegiatan yang banyak dihindari oleh para wanita, sebab tidur siang dianggap dapat menaikkan berat badan. Namun, benarkah hal tersebut?
Tidur siang bikin gemuk gak sih? atau justru kurus?
Image Source: pixabay.com
Penelitian tentang tidur siang dapat menaikkan berat badan belum ditemukan, namun banyak mitos yang beredar dapat menyebabkan kegemukan. Tidur siang memang dapat menaikkan berat badan dan dapat terjadi apabila tidur setelah makan siang. Sebab kalori di dalamnya tidak terbakar malah akan menumpuk menjadi lemak yang dapat membuat kegemukan. Berisitirahat terlalu lama memang dapat membuat penumpukan kalori sebab tubuh tidak banyak bergerak.


Adapula dampak dari tidur siang selain kegemukan, yaitu adanya gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini dapat terjadi jika tidur siang setelah makan. Khususnya dapat mengakibatkan naiknya asam lambung, sehingga tidur siang setelah malah dapat memperburuk penyakit tersebut. Apalagi posisi kepala yang sejajar atau lebih rendah dari badan. Alhasil asam lambung dapat naik ke tenggorokan, bahkan sampai ke mulut. Sehingga membuat rasa nyeri pada dada dan tenggorokan.

Tidur siang yang efektif hanya sekitar 30 menit saja. Itu pun sekitar setelah jam 12.00 sampai jam 15.00, sebab waktu tersebut memang diperuntukkan bagi seseorang yang ingin tidur siang. Menurut sebuah kajian islam, yang paling baik adalah setelah jam 12.00 sampai 15.00. Apabila tidur setelah jam 15.00 dan seterusnya malah membuat badan terasa lemas, malas dan ingin tidur seharian terus, sehingga membuat kalori dalam tubuh tetap menumpuk akibatnya mengalami kegemukan. Hal ini sudah terbukti dan memang dapat mengalami hal tersebut.

Tidur melebihi ini dapat meningkatkan rasa ngantuk berkepanjangan. Manfaat beristirahat selama 30 menit adalah dapat menggantikan tidur malam yang kurang, namun kualitas dari tidur siang tidak begitu bagus dibandingkan tidur malam hari. Selain itu, tidur siang dalam waktu yang pendek dapat membantu penurunan berat badan, sebab menjaga kestabilan hormon stress dalam tubuh. Jika hormon ini dalam keadaan stabil dapat menjaga berat badan bahkan dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, juga dapat membantu peredaran darah dalam sistem pencernaan menjadi lancar.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai dampak dari tidur siang. Kegiatan ini memang cukup diperlukan untuk menggantikan waktu tidur yang tersita di malam hari. Namun apabila melakukannya terlalu lama, apalagi setelah makan siang malah dapat memperburuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan jika ingin tahu keuntungannya, silahkan untuk membaca: Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan!

Advertisement

Artikel Lainnya :-D