Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Anak, Kulit, Jantung dan Tubuh

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Anak, Kulit, Jantung dan Tubuh Orang Dewasa

Tidur siang merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap orang untuk memulihkan tenaga dan pikiran. Karena tidak hanya handphone saja yang butuh di charge, tubuh manusia juga butuh di charge dengan cara tidur malam dan tidur siang. Tidur siang adalah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh anak kecil dan balita. Tetapi banyak pula orang dewasa yang melakukan kebiasaan tidur siang. Tidur siang yang sehat yaitu antara pukul 1-3 siang.

Manfaat Tidur Pada Siang Hari bagi Kesehatan

Tidur siang merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat luar biasa dari kebiasaan tidur siang. Oleh karena itu kami hadir dengan menjelaskan mengenai informasi tersebut.

Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Anak, Kulit, Jantung dan Tubuh
Image Source: pixabay.com
1.      Menyehatkan Jantung

Jika melakukan tidur siang pendek selama 20 hingga 40 menit setiap hari akan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian dari Yunani telah mengungkapkan bahwa orang yang melakukan kebiasaan tidur siang selama 30 menit selama 3 hari berturut-turut dalam seminggu mampu menurunkan penyakit kardiovaskuler hingga 37 %.

2.      Meningkatkan Daya Ingat Otak

Pada tahun 2008 dilakukan sebuah penelitian mengenai dampak tidur siang terhadap otak. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tidur siang selama 45 menit mampu meningkatkan daya ingat otak.

3.      Meningkatkan Produktivitas Kerja

Bagi yang mengalami rasa lelah yang berlebihan, baik itu kelelahan fisik maupun pikiran sangat dianjurkan untuk melakukan tidur siang. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja tubuh dan otak.

4.      Mencegah Insomnia

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menegaskan bahwa tidur siang akan membuat penderita insomnia menjadi lebih baik. Hal itu disebabkan karena adanya total waktu istirahat yang lebih panjang.

5.      Menurunkan Stres

Hormon yang menyebabkan rasa stress akan mengalami penurunan setelah melakukan kegiatan tidur siang karena tidur siang dapat membuat pikiran lebih tenang dan rileks.

Terkadang kita sebagai manusia sering menyepelekan kegiatan yang dianggap kecil. Padahal kegiatan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kebiasaan tidur siang. Dengan adanya pembahasan ini, diharapkan untuk tetap menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat, makan makanan bergizi, olahraga teratur dan beristirahat dengan cukup.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D