Manfaat Makan Buah Apel Beserta dengan Kulitnya

Siapa sih yang tidak mengenal buah apel? Apel merupakan buah yang menjadi favorit masyarakat luas karena memiliki rasa yang manis dan segar. Buah ini dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti salad, jus, keripik, pai, dan lain sebagainya. Namun, orang Indonesia lebih senang mengkonsumsi buah ini secara langsung. 
Manfaat makan buah apel beserta dengan kulitnya
Image Source: pixabay.com

Selain itu, orang-orang banyak mengkonsumsi buah ini dengan cara mengupasnya terlebih dahulu padahal kebiasaan ini tidak dibenarkan oleh para ahli gizi. Hal tersebut disebabkan karena apel lebih baik dikonsumsi langsung bersama kulitnya, pernyataan ini juga diperkuat penelitian yang dilakukan di New York. 

Khasiat Konsumsi Apel Beserta Kulitnya Tanpa Dikupas 

 

1. Antioksidan 
Kulit apel memiliki kandungan antioksidan yang terdiri dari flavonoid dan asam fenolik, kandungan tersebut dapat mencegah radikal bebas. Efek radikal bebas dapat merusak sel-sel baik di dalam tubuh dan dapat menimbulkan banyak penyakit serius seperti, penyakit kanker.  

2. Vitamin

Kandungan sumber vitamin yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. kandungan vitamin A yang dimiliki berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan penglihatan serta dapat mencegah gangguan pada mata. Selanjutnya, kandungan vitamin C di dalamnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih sehat. Sedangkan kandungan vitamin K berperan untuk membantu membentuk sel-sel baru serta dapat membantu proses pembekuan darah. 

3. Mineral 
Kulit buah ini memiliki kandungan mineral yang terdiri dari kalsium, kalium, fosfor dam potassium. Kandungan fosfor dan kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi, di sisi lain kandungan potassium berfungsi untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh, sistem pencernaan dan organ jantung.  

4. Serat 
Kandungan seratnya dapat menurunkan kadar kolesterol dan dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

5. Mencegah Kanker 
Mengkonsumsi buah apel bersamaan dengan kulitnya dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit kanker seperti kanker usus besar, payudara dan hati. Hal tersebut dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan senyawa triterpenoid yang berperan melawan berbagai penyakit serius. 

6. Baik Untuk Kesehatan Gigi 
Menggigit dan mengunyah apel beserta kulitnya dapat merangsang produksi air liur sehingga dapat melawan kerusakan gigi dengan menurunkan kadar bakteri di dalam mulut. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan asam malat yang berperan untuk menghilangkan noda pada gigi.

Sebaiknya, konsumsilah apel bersamaan dengan kulitnya karena sangat baik untuk kesehatan tubuh. Penting juga untuk mencucinya sebelum dikonsumsi agar kandungan pestisida di permukaan bisa hilang. Baca juga: Khasiat Buah Pir
Advertisement

Artikel Lainnya :-D