Penyebab Pendarahan Otak (Brain Homorrhage)

Penyebab Pendarahan Otak

Otak merupakan organ tubuh yang paling kompleks karena berfungsi untuk mengendalikan akitivias fisiologi, seperti sistem gerak, detak jantung, ingatan maupun suasana hati. Otak merupakan organ pengendali pusat untuk mengerakkan sistem kerja organ tubuh lainnya.

Penyebab Pendarahan Otak
Rusaknya sistem kerja otak, tentunya dapat menganggu sistem kerja tubuh bagian lainnya yang akan berdampak pada gangguan kesehatan saraf, kelumpuhan dan gangguan mental atau pemikiran seseorang. Pecahnya pembuluh akan menyebabkan pendarahan otak. Pendarahan ini mempunyai kaitan erat dengan akibat penyakit stroke yang akan menyebabkan sulit bicara, sulit bergerak, kelumpuhan dan lain sebagainya. Penyakit stroke (brain attack) merupakan salah satu penyakit yang menyerang organ otak.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai penyebab pendarah otak (Brain Homorrhage)

Penyebab Gejala Brain Homorrhage


1. Tekanan Darah Tinggi

Penderita tekanan darah tinggi yang tidak diatasi secara cepat merupakan salah satu penyebab terjadinya pendarahan. Kondisi yang seperti ini merupakan kondisi kronis karena tekanan darah tinggi dapat melemahkan dinding-dinding pembuluh darah pada otak.

2. Trauma Kepala

Trauma kepala atau luka yang ada di kepala merupakan kondisi yang memicu terjadinya pendarahan di dalam otak. Resiko ini biasanya muncul pada orang yang berusia dibawah 50 tahun.

3. Kelainan Pembuluh Darah

Kelainan pembuluh darah merupakan hal yang muncul sejak lahir dan telah terdiagnosa saat tumbuh menjadi anak-anak. Hal ini disebabkan karena adanya kelemahan pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah akan mengalami kerusakan yang akan berujung pada pendarahan di otak bahkan kematian.

4. Karena Adanya Penyakit Tertentu

Pendarahan otak merupakan salah satu efek yang akan terjadi bila seseorang menderita penyakit yang berhubungan dengan penyakit darah, organ otak, dan organ hati, seperti penyakit anemia, hemophilia, kanker otak, tumor otak, dan penyakit liver.

5. Amyloid Angiopathy

Kondisi ini merupakan kondisi dimana dinding-dinding pembuluh darah yang terkadang mengalami proses penuaan. Hal tersebut akan membuat pendarahan kecil, pendarahan tersebut tidak memberikan gejala apapun yang kemudian akan menjadi pendarahan besar.

6. Aneurysm

Aneurysm merupakan pelemahan pembuluh darah karena adanya pembengkakkan. Hal tersebut akan membuat pembuluh darah menjadi pecah dan pendarahan otak yang akan menjurus terjadinya penyakit stroke.

Pendarahan otak dapat diatasi dengan cara melakukan penanganan yang tepat. Bisa kembali normal atau tidak semua itu tergantung pada tingkat pendarahan yang terjadinya karena tidak setiap kasus pendaragan otak memiliki kondisi yang sama. Jangan lupa baca juga: Tips Mempertajam Daya Ingat Otak Agar Pintar dan Tidak Pelupa
Advertisement

Artikel Lainnya :-D