Cara Mempertajam Daya Ingat Otak Anak, Balita, dan Dewasa


Cara Mempertajam Daya Ingat Otak

Otak merupakan organ utama yang berperan untuk mengatur tindakan manusia dan pola pikir khususnya sebagai organ pengingat. Otak juga merupakan susuan teratas dalam sistem saraf. Memiliki otak yang cerdas bahkan genius merupakan impian semua orang. Memiliki otak genius seperti pakar ilmu fisika Albert Einstein. Keuntungan memiliki otak yang genius yaitu dapat memecahkan masalah yang rumit dan dapat mempunyai daya ingat yang tajam dengan mengingat segala sesuatunya dengan cepat.

Sebagian besar orang memiliki ingatan yang lemah, seperti pada saat lupa meletakkan sesuatu seperti barang yang dibutuhkan saat itu juga, tentunya akan membuat kesal jika tidak menemukan karena lupa menaruhnya. Memiliki daya ingat yang baik juga sangat berguna untuk mencegah penyakit pelupa atau yang sering disebut dengan kepikunan sesaat.

Tips Mempertajam Daya Ingat Otak Secara Alami

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai tips untuk mempertajam daya ingat.  Mari simak dengan seksama.

Cara Mempertajam Daya Ingat Otak


1.      Makanan  Sehat untuk Otak

Ternyata tidak hanya tubuh yang memerlukan makanan yang mengandung nutrisi tinggi, otak juga memerlukan makanan untuk daya ingat yang lebih baik. Untuk itu penuhilah nutrisi otak Anda dengan mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau seperti bayam dan brokoli. Selain itu konsumsilah makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan salmon dan ikan kod.

2.      Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Kita tentunya sudah mengetahui dari segala informasi kesehatan yang banyak beredar di masyarakat luas bahwa air putih merupakan kebutuhan tubuh yang berguna untuk kesehatan. Air putih tidak hanya berguna untuk tubuh, air putih juga berguna untuk kebutuhan otak. Untuk itu penuhi asupan cairan dengan mengonsumsi air putih 6 hingga 8 gelas setiap harinya.

3.      Melakukan Senam Otak

Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang senam otak. Senam otak adalah melatih otak dengan cara melatih daya ingat setiap harinya. Contohnya, berilah pertanyaan untuk diri sendiri untuk menyebutkan 10 barang yang ada di dalam dapur Anda, atau  dengan cara menyebutkan 10 barang yang berada dalam kamar Ibu atau saudara Anda.

4.      Memutar Memori Otak

Dengan mencoba mengingat kenangan yang menyenangkan pada masa lampau dapat meningkatkan daya ingat Anda.

5.      Bermain Teka-Teki Silang (TTS)

Bermain teka-teki silang merupakan cara ampuh untuk mengasah kemampuan daya ingat.

6.      Memberikan Jeda Istirahat

Hal ini sangat penting dilakukan khususnya untuk seseorang yang bekerja dengan kemampuan otak. Mengistirahatkan otak selama beberapa menit berfungsi untuk menyegarkan kembali sistem kerja otak.

7.      Mengistirahatkan Otak

Tidur adalah cara yang tepat untuk membuat otak beristirahat. Hal itu bertujuan pada saat terbangun akan membuat otak lebih segar dan mampu bekerja secara optimal.



Otak merupakan organ terpenting bagi kehidupan manusia, karena itu Tuhan menciptakan manusia dengan dibekali kemampuan berpikir maksimal dan memiliki akal. Untuk itu menjaga kesehatan otak merupakan hal yang perlu diperhatikan selain berdampak pada kesehatan juga sangat berguna untuk mencegah terjadinya kepikunan dini. Semoga artikel tips mempertajam daya ingat otak ini bermanfaat !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D